Pj Gubernur Segera Evaluasi OPD yang Serapan Anggaran Rendah

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (foto: Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bakal melakukan evaluasi terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan serapan anggaran rendah.

Kata dia, pengoptimalan serapan OPD lingkup pemprov sulsel menjadi sudut pandang  prioritas, apalagi saat ini, sudah masuk pada periode Triwulan III.

Disampaikannya, pergerakan anggaran pemda merupakan salah satu penentu dan pemantik bergeraknya ekonomi masyarakat.

"Anggaran pemda harus kita pastikan bergerak,  apalagi sudah masuk triwulan ketiga, anggaran itu stimulan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat," ungkapnya, Rabu (6/9/2023).

Ia menuturkan, pentingnya pengoptimalan anggaran pemerintah daerah itu sebagai penopang untuk wilayah yang minim industri swasta.

"Ketika daerah swasta tidak terlalu besar, maka andalan kita untuk menggerakkan ekonomi adalah APBD. Nah kalau APBD tidak bergerak, bagaimana bisa menggerakkan ekonomi," paparnya.

"Kita mohon maaf Sulsel swastanya tidak terlalu besar, tidak seperti di daerah lain," imbuhnya.

Bahkan kata dia, evaluasi akan dilakukannya sebagai upaya pengoptimalan serapan anggaran OPD yang tergolong rendah. "Nanti kita evaluasi dan bicarakan, apa yang membuat dia (OPD) tidak bergerak, kita harus cek dulu," tegasnya.

Tak hanya berfokus pada serapan anggaran, ia juga mengedepankan menjaga stabilitas politik yang saat ini atmosfirnya mulai terasa.

Pun dengan Hal urgen yang berkaitan dengan pemerintahan dan masyarakat akan dihimpunnya untuk dibicarakan. "Stabilitas untuk politik keamanan dan seterusnya, hal-hal lainnya nanti kita bicarakan semua," pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan