Sikapi Lokasi Depo Pertamina, DPRD Sulsel Gelar RDP Bersama Dinas ESDM dan Pertamina

  • Bagikan
Suasana RDP antara DPRD Sulsel dengan PT Pertamina terkait lokasi Depo Pertamina

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - DPRD Sulawesi Selatan akan menyurat ke pusat untuk meminta dilakukan evaluasi mengenai lokasi depo PT Pertamina Makassar yang berpotensi terjadi resiko dan bisa saja sewaktu - waktu menjadi ancaman warga.

"Kami akan lakukan langkag untuk sampaikan ke pusat. Apalagi memang lokasinya sangat dekat dengan pemukiman penduduk dan hanya dibatasi pagar dan jalan, yang berlokasi di Kecamatan Ujung Tanah," kata Ketua Komisi D DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi.

Ini disampaikan Ketua Komisi D DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi seusai melakukan Rapat Dengar Pendapat  (RDP) bersama  Dinas ESDM, PT. Pertamina Makassar, aliansi mahasiswa dan warga yang berlangsung di Gedung DPRD Sulsel, Jumat, (8/9/2023).

Menurut politisi NasDem itu. Evaluasi tersebut penting untuk dilakukan karena insiden terhadap  depo pernah terjadi. Antaranya meledaknya depo atau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Koja, Jakarta Utara, milik PT Pertamina (Persero) pada Maret 2023 lalu. Peristiwa ini menewaskan sekitar 33 orang.

Cicu mengatakan, tindak lanjut RDP tersebut pihaknya akan melakukan konsultasi ke Kementerian terkait. Ini juga sesuai instruksi Presiden Jokowi mengenai lokasi TBBM Pertamina untuk dievaluasi pasca insiden depo Plumpang Jakarta.

"Instruksi Presiden yang tidak boleh sebenarnya berada di dalam kawasan permukiman,  ini akan menjadi acuan yang kita berikan kepada kementerian yang kemudian dilakukan audit dan evaluasi terkait depo yang ada di Ujung Tanah," ujar Rachmatika Dewi yang akrab disapa Cicu.

Selain itu diakui  Cicu, pihaknya juga akan merekomendasikan dilakukan RDP dengan di DPRD Kota Makassar mengenai evaluasi depo tersebut.

"Mengingat lokasinya ada di Kota Makassar dan melihat apakah lokasi depo tersebut sudah sesuai dengan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW)," tukasnya.

Diketahui, warga dan kalangan aktivis sudah menyampaikan perihal  kelalaian depo Pertamina. Dimana dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah kebakaran depo pertamina. Sejak 2020  le 2021 terjadi 3 kasus kebakaran. Sedangkan tahun 2023 juga terjadi 3x kebakaran.

Salah satu depo pertamina Makassar berada di Jl Sabutung, Lelurahan Tamalabba, Kecamatan Ujung Tanah, kota Makassar.

Depo Pertamina tereebut berjarak kurang lebih 19 meter dari pemukiman rumah warga. Kondisi ini tidak sesuai dengam acuran pertamina. Akan berdampak pada ketidaknyamanan bagi warga. Kami meminta untuk dipindahkan Depo Pertamina. (Yadi/B)

  • Bagikan