Hari Kontrasepsi 2023, RSUD Andi Makkasau Layani KB Gratis

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Dalam rangka memperingati hari Kontrasepsi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare bekerjasama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), menggelar pelayanan KB Gratis.

Pelayanan KB Gratis tersebut meliputi pemasangan IUD/AKDR, Implan, Suntik, Pil, dan Kondom, yang berlangsung di Ruang Poli PKBRS RSUD Andi Makkasau, Selasa (26/9/2023).

Staf Poli PKBRS RSUD Andi Makkasau, Asriana mengatakan, di hari kontrasepsi ini membuka pelayanan akseptor KB apapun jenisnya.
Namun lanjutnya, sebelum melakukan tindakan dilakukan edukasi bagi akseptor KB.

"jadi kita melayani akseptor KB apapun itu jenisnya secara gratis. Dan sebelum menggunakan alat kontrasepsi, semua pasien akseptor ini diberikan konseling, gunanua untuk mengedukasi pasien terutama efek samping setelah memasang alat kontrasepsi, "jelas Asriana.

Pemberian konseling atau edukasi kepada calon akseptor KB ini, kata dia, dilakukan agar pasien tidak panik ketika menemui efek samping setelah pemasangan KB.

"begitu juga ketika sudah dilakulan pemasangan, semua klien KB akan dikontrol. Juga bagi pasien yang melahirkan secara SC, kita juga kontrol melalui alarm berencana, " tandasnya.

Pelayanan KB Gratis ini tambah Asriana, dilakukan hingga 4 Oktober mendatang dengan target 1.500 akseptor. (Yanti)

  • Bagikan