Pemkot Parepare-RSUD Andi Makkasau Peringati Hari Kontrasepsi Tahun 2023

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Memperingati Hari Kontrasepsi, Pemerintah Kota Parepare, melalu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau bekerjasama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Parepare, dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Parepare melayani pemasangan alat kontrasepsi secara gratis.

Pelayanan itu meliputi pemasangan IUD/AKDR, implan, suntik, pil, dan kondom yang diadakan di Ruang Poli PKBRS RSUD Andi Makkasau, Selasa (26/9/2023).

Staf Poli PKBRS RSUD Andi Makkasau, Asriana mengatakan, di Hari Kontrasepsi ini membuka pelayanan akseptor KB apapun jenisnya. Itu didahului dengan edukasi bagi calon akseptor KB.

"Jadi kita melayani akseptor KB apapun itu jenisnya secara gratis. Dan sebelum menggunakan alat kontrasepsi, semua pasien akseptor ini diberikan konseling untuk mengedukasi pasien terutama efek samping setelah memasang alat kontrasepsi," kata Asriana.

Pemberian konseling atau edukasi kepada calon akseptor KB ini dilakukan agar pasien tidak panik ketika menemui efek samping setelah pemasangan KB.

"Begitu juga ketika sudah dilakulan pemasangan, semua klien KB akan dikontrol. Juga bagi pasien yang melahirkan secara SC, kita juga kontrol melalui alarm berencana," ungkap Asriana.

Pelayanan KB gratis ini dilakukan hingga 4 Oktober 2023 dengan target sasaran 1.500 akseptor.
()

  • Bagikan