Peringati HUT TNI ke-78, Pangdam XIV/Hsn Ziarah ke TMP Panaikang

  • Bagikan
Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., memimpin ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Kota Makassar, Rabu (4/10/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI tahun 2023, sekaligus wujud penghormatan kepada jasa-jasa para pendahulu, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., memimpin ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Kota Makassar, Rabu (4/10/2023).

Rangkaian kegiatan ziarah yang diikuti oleh PJU, Prajurit dan PNS TNI AD, AL dan AU yang berada di wilayah Sulsel ini, merupakan salah satu tradisi kejuangan yang dilaksanakan oleh prajurit TNI, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur, dengan harapkan para generasi penerus dapat mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkan para Pahlawan.

Pangdam XIV/Hsn menyampaikan, disamping melaksanakan perintah dari pimpinan TNI, ziarah ke makam pahlawan juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan NKRI.

“Makna Ziarah ini sebenarnya bukan sekedar upacara, kita tau pada saat itu para Pahlawan dengan gigihnya, tanpa memikirkan apa-apa, hanya memikirkan merdeka atau mati untuk melepaskan kita dari belenggu penjajah,” ungkapnya.

“Alangkah nistanya kita tidak mengingat perjuangan beliau, lebih daripada itu sebetulnya kita ingin mewarisi semangat, moral dan mental beliau-beliau kalau bisa ada di dalam diri kita, semangat pantang menyerah, militansi, semangat tidak memikirkan diri sendiri, semangat NKRI harus ada dalam diri kita, dalam penugasan prajurit TNI ke depan,” sambung lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini.

  • Bagikan