P3M Poltekpar Makassar Gelar Bimtek Pengelolaan Desa Wisata 

  • Bagikan
P3M Poltekpar Makassar Gelar Bimtek Pengelolaan Desa Wisata, di Desa Wonosari, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Pariwisata Makassar kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata.

Mengusung Tema 'Ekonomi Tumbuh dan Bangkit Melalui Kebangkitan Desa Wisata yang Terkelola dengan Baik' kegiatan ini digelar di Desa Wonosari, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Sebanyak 100 orang peserta yang merupakan pengelola desa wisata dari  berbagai daerah di Kabupaten Penajam Paser Utara turut hadir dalam kegiatan ini .

Tuan rumah kegiatan, Kepala Desa Wonosari, Kasiyono dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Poltekpar Makassar yang telah bersedia menyelanggarakan kegiatan Bimtek dan menghadirkan para narasumber di Desa Wonosari. 

"Kami berharap para peserta serius menyimak dan mengambil ilmu yang disampaikan oleh para narasumber, sehingga bisa mendapatkan ilmu yang bisa berguna untuk kemajuan Desa Wonosari dan Kecamatan Sepaku," ujarnya. 

Direktur Poltekpar Makassar, Herry Rachmat Widjaja mengakatan Poltekpar Makassar memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan sumber daya manusia. 

"Pengembangan SDM ini tentu mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, melalui Pendidikan dan pengajaran yang mana saat ini Poltekpar Makassar telah memiliki delapan program studi. Kemudian selanjutnya adalah melakukan penelitian dimana terdapat banyak sekali peluang kerjasama yang dapat dilaksanakan oleh Poltekpar Makassar dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dan Penajam Paser Utara diantaranya seperti melakukan kajian pengembangan sumber daya manusia dan juga Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan," jelasmya

“Kemudian yang terakhir adalah melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat. Hari ini yang kita laksanakan bersama dengan Ibu Hetifa, Bapak Asisten I, dan Direktur IKN di Desa Wonosari ini merupakan bentuk pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat kami di Poltekpar Makassar. Seperti yang kita ketahui ada masyarakat yang tidak dapat kuliah melalui pendidikan regular olehnya kami turun melakukan pembinaan-pembinaan seperti ini,” sambung Herry.

Sodikin mewakili Penjabat Bupati Penajam Paser Utara dalam sambutannya menyampaikanBimtek yang diselenggarakan tersebut memiliki makna yang sangat penting alam rangka mempersiapkan industri wisata di Ibu Kota Negara.

Sodikin  menjelaskan, Desa Wonosari ini merupakan salah satau dari sekian banyak desa wisata yang ada di Penajam Paser Utara untuk dikembangkan menjadi Destinasi Wisata yang unggul dan berkelanjutan. 

“Desa Wisata memilki peran strategis dalam pengembangan sektor wisata di wilayah kita. Melalui Bimtek ini diharapkan aparatur desa mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengelolaan dan pengembangan desa wisata secara berkelanjutan,” jelasnya. (Hikmah/A)

  • Bagikan