Chaidir Syam Hadirkan Duta Baca Indonesia Gol A Gong dan Empat Tokoh Penerima NJDP di Maros

  • Bagikan
Bupati Kabupaten Maros, Chaidir Syam, berhasil mempertemukan empat tokoh Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Jumat 27 Oktober 2023 di Perpustakaan Ibu dan Anak Kab. Maros, Jl. Poros Maros Pangkep.

MAROS, RAKYATSULSEL - Bupati Kabupaten Maros, Chaidir Syam, berhasil mempertemukan empat tokoh Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Jumat 27 Oktober 2023 di Perpustakaan Ibu dan Anak Kab. Maros, Jl. Poros Maros Pangkep.

Adalah Chaidir Syam tercatat penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI pada 2022, kategori Pejabat Publik, sementara Duta Baca Indonesia Gol A Gong juga penerima NJDP Tahun 2007, Bachtiar Adnan Kusuma adalah penerima NJDP pada 2021, Kategori Masyarakat dan Bunda Baca Kabupaten Maros, Hj. Ulfiah Nur Yusuf Chaidir, satu-satunya Bunda Baca dari Provinsi Sulawesi Selatan yang menerima NJDP Tahun 2023, kategori Pegiat Literasi.

“Saya bersyukur karena empat Tokoh penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional hadir berempat di Perpustakaan Ibu dan Anak Kabupaten Maros. Secara pribadi saya merasa berbahagia karena ternyata buku memiliki kekuatan memberikan rasa kebahagiaan pada setiap orang yang membaca dan menulis” papar Chaidir Syam, saat membuka Talkshow “Penguatan Literasi Berbasis Keluarga” dengan pembicara Gol A Gong, Duta Baca Indonesia, dihadiiri ratusan ibu-ibu PKK, Relawan PAUD, Duta Baca AMTI, IPI Maros, Forum Pengelola Perpustakaan Lorong Desa Maros, Forum Lingkar Pena, Guru-guru dan Pustakawan Kab. Maros.

Chaidir Syam juga memberikan buku karyanya kepada Gol A Gong berjudul” Chaidir Syam, Mendekap Maros” disaksikan Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Amiludin A, Bunda Baca Hj. Ulfiah Nur Yusuf Chaidir.

Gol A Gong menceritakan bagaimana kekuatan membaca dan menulis bisa membentuk rasa percaya diri yang sejak kecil mengalami kecelakaan dengan harus diamputasi tangannya.

“Ayah saya selalu mengajarkan kepada saya agar membaca buku sejak dini bisa menjadi kekuatan agar saya agar bisa percaya diri. Saya tak mau menyerah dengan musibah yang menimpa saya dan rupanya Allah SWT memberikan kekuatan membaca dan menulis hingga mengantar saya menjadi Duta Baca Indonesia” cerita Gol A Gong yang telah menulis ratusan buku.

Karena itu, Gol A Gong, percaya dengan kekuatan membaca dan menulis yang dimiliki seorang pemimpin seperti Bupati Maros Chaidir Syam, akan merubah Kabupaten Maros menjadi kabupaten terdepan dan contoh yang baik menjadi kabupaten membaca dan menulis di Indonesia.

Sementara itu, Bachtiar Adnan Kusuma, Ketua Umum Forum Nasional Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional, mengakui kalau Bupati Maros Chaidir Syam, Duta Baca Indonesia Gol A Gong adalah Pembina dan Penasihat Fornas NJDP. Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Adin Bondar, tercatat sebagai Pembina Utama Fornas NJDP.

”Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Maros Chaidir Syam yang telah mempertemukan Tokoh-Tokoh Penerima NJDP Perpustakaan Nasional melalui Forum Informal Duta Baca Gol A Gong di Sulawesi Selatan. Mas Duta Baca Indonesia adalah sahabat, guru dan kakak kami sebagai senior yang kami hormati pada bidang Gerakan Membaca dan Menulis Indonesia’ Kunci BAK. (*)

  • Bagikan