Dukung Proyek Sanitasi MSMIP, Dinas PU Makassar Siapkan Anggaran Instalasi Sambungan Rumah

  • Bagikan
Rapat persiapan tahap operasional dan pemeliharaan proyek Metropolitan Sanitation Management and Investment Project (MSMIP)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Proyek Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat atau Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP) di Kota Makassar ditargetkan rampung pada bulan November mendatang. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Balai PPW PUPR, Asyiri. Ia menyebut saat ini progres proyek MSMIP mencapai 97,75 persen. "Dijadwalkan akan mencapai 100 persen pada bulan November mendatang," ujar Asyiri. 

Program MSMIP ini bertujuan meningkatkan pelayanan air limbah terpadu pada kawasan perkotaan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir menyampaikan kesiapan Kota Makassar dalam mendukung proyek MSMIP dengan menganggarkan biaya instalasi sambungan rumah. 

Serta, upaya dari Dinas PU Kota Makassar dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. "Ini adalah langkah penting dalam menggarap proyek sanitasi yang sangat vital bagi Kota Makassar dan warganya," ujar Zuhaelsi. 

Dengan kolaborasi dan perencanaan yang baik, Zuhaelsi  berharap proyek MSMIP ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar telah melakukan rapat koordinasi bersama sejumlah pejabat penting dari Pemerintah Pusat, termasuk Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemendagri, Kemen PUPR yang dipimpin oleh Sekda Makassar Muhammad Ansar untuk membahas persiapan tahap operasional dan pemeliharaan proyek Metropolitan Sanitation Management and Investment Project (MSMIP). 

Di antaranya membahas hasil proyek, pemeliharaan, pengaturan, tarif khusus untuk keluarga miskin, kerjasama antar institusi pengelola SPALD, kampanye dan sosialisasi sanitasi ramah lingkungan, KPI pelayanan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, biaya operasional, dan transfer pengetahuan.

Perwakilan Kemenkeu menekankan pentingnya menjaga koordinasi, kolaborasi, dan integritas dalam melaksanakan proyek ini, yang dianggap vital dan memerlukan peran serta masyarakat.

Afiana dari Bappenas juga memberikan wawasan bahwa proyek MSMIP telah direncanakan sejak tahun 2014, dan meskipun ada tantangan di sepanjang perjalanan, penting untuk memastikan bahwa proyek ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Pemda diharapkan dapat memanfaatkan dan menjaga infrastruktur yang ada.

Ketgam: Sekertaris Daerah Kota Makassar Muhammad Ansar memimpin Rapat Koordinasi  membahas persiapan tahap operasional dan pemeliharaan proyek Metropolitan Sanitation Management and Investment Project (MSMIP), di ruang rapat  Sipakelebbi, Kantor Balai Kota Makassar, beberapa waktu lalu. (Shasa/B)

  • Bagikan