Ratusan Layang-layang Bersaing di Pesta Rakyat Bunne Marunu Bone

  • Bagikan
Pembukaan festival layang-layang pesta rakyat Bunne Marunu Lakukang di Dusun Lakukang Desa Lakukang Kecamatan Mare Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (2/11/2023).

BONE, RAKSUL - Sebanyak 200 layang-layang mengikuti festival layang-layang pesta rakyat Bunne Marunu di Dusun Lakukang Desa Lakukang Kecamatan Mare Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (2/11/2023).

"Pesta rakyat ini dilaksanakan selama 3 hari dengan peserta 200 layang-layang. Festival ini merupakan sarana silaturahmi dan memperkuat jaringan antara pecinta dan penggemar layang-layang," ujar Ketua Panitia pelaksana, Abang.

Senada, Kades Lakukang, Andi Fitriani Amir mengungkapkan, bergilirnya perayaaan pesta rakyat ini bukan tanpa alasan. Tujuannya, menampilkan potensi, keunikan dan kekhasan khususnya layang-layang di Kabupaten Bone untuk ditampikan di masyarakat. Pesta Rakyat bukan hanya sekedar ajang pamer, melainkan untuk merawat kebersamaan dan silaturahmi.

“Ada suasana kegembiraan ada suasana kegotong royongan, bahwa ada kolabirasi, responsif kemudian kreatif dan keterampilan,” ujar Andi Fitri.

Selain itu dengan terselenggaranya perhelatan pesta rakyat lomba layang-layang ini diharapkan berdampak positif tidak hanya bagi tuan rumah namun juga peserta yang turut mengisi rangkaian Pesta Rakyat, salah satunya yang dapat membangun jejaring serta meningkatkan produksi, meningkatkan segmentasi pasar, juga daya jual layang-layang serta yang tak kalah pentingnya adalah menggeliatkan ekonomi pelaku UKM khususnya pedagang kaki lima (PKL).

Festival layang-layang pesta rakyat Bunne Marunu Desa Lakukang dibuka oleh Camat Mare, Andi Hidayat Pananrangi yang diwakili Sekcam Mare, Sainal Abidin. (Enal)

  • Bagikan