Tinjau Pembangunan MGC, Danny Prediksi Beroperasi Februari

  • Bagikan
Progres pembangunan Makassar Goverment Center (MGC), yang berlokasi di Kawasan Taman Macan, Jalan Sultan Hasanuddin Makassar, Selasa (7/11). (Foto: Shasa)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mega proyek milik Pemerintah Kota Makassar yakni Makassar Goverment Center (MGC) diprediksi akan beroperasi pada bulan Februari 2023 mendatang. 

Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat ditemui usai meninjau pembangunan MGC di Kawasan Taman Macan, Jalan Sultan Hasanuddin Makassar pada Selasa (7/11).

Diketahui, MGC merupakan mall pelayanan publik yang akan melayani masyarakat dalam pengurusan perizinan hingga pengurusan data penduduk. Dengan anggaran sebesar Rp200 milyar. 

"Progres pengerjaan MGC itu bertambah 3 persen, di prediksikan bulan dua selesai. Bulan desember itu selesai semua struktur, saya ingin memastikan saja di sini," terang Danny, sapaan akrabnya. 

Danny Pomanto mengatakan saat ini progres dari MGC telah memasuki tahap pembangunan lantai tiga dan pemasangan pancang. Sedangkan, di bulan depan akan berfokus pada pembangunan struktur untuk lantai satu dan lantai dua. "Saya minta kalau bisa di percepat lagi," ucap Danny. 

Ia menjelaskan pengerjaan proyek MGC menggunakan skema rancang dan bangun (design and build). Di mana, kata Danny, skema tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal itu dilakukan karena lahan yang sempit.

"Orang biasa membangun dari lantai satu dulu tapi ini tidak, jadi namanya bisa up and down, dari bawah ke atass atau pun sebaliknya.

Sehingga, Ia meminta agar pengerjaan ini benar-benar dibangun dengan baik. Apalagi, skema pembangunan ini menggunakan teknologi dan management terkini. "Karena ini bisa tiga lantai baru pondasi, itu yang di kejar," ucap Danny. 

Maka dari itu, Danny Pomanto meminta agar pengerjaan MGC dikebut. "Saya minta kalau bisa di percepat lagi," sebut Danny. 

Danny menambahkan gedung MGC memiliki konsep ramah lingkungan. Di mana, jika ini rampung, maka akan menjadi gedung pemerintahan pertama yang berkonsep green rooftop. 

"Ini akan menjadi bangunan pemerintah pertama untuk green building di Makassar," kata Danny. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan Dinas Pekerjaan Umuum (PU) Kota Makassar, Hajar Aswad mengatakan tahapan pembangunan MGC ditargetkan rampung bulan Desember 2023 mendatang. Di mana, pembangunan struktur untuk lantai satu dan lantai dua nantinya akan berfungsi sebagai pelayanan publik. 

"Kalau tahapannya, insyaallah struktur selesai sampai Desember. Jadi fokus ke struktur dulu untuk di maksimalkan. Jadi anggaran yang kami siapkan ini untuk lantai satu dan lantai dua sama struktur dan pasak. Kalau pasak insyaallah selesai juga di Desember," ujar Hajar Aswad.

Sebelumnya, MGC ditargetkan rampung bulan Desember 2023 dan beroperasi di Bulan Januari 2024 mendatang. (Shasa/B)

  • Bagikan