Organisasi Kepemudaan di Sulsel Imbau Pemuda Kawal Pemilu Damai dan Berkualitas 2024

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilu 2024 sebentar lagi akan dilaksanakan. Sejumlah kalangan mengharapkan hajatan demokrasi itu berlangsung damai dan sejuk tanpa ada riak yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Salah satu kalangan yang mendorong terciptanya situasi yang kondusif di tengah pesta demokrasi tersebut adalah tokoh pemuda dari berbagai organisasi di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Saya sebagai Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sulsel tentu mendorong segenap kader untuk ambil peran aktif menyukseskan Pemilu 2024," kata Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Senin, 13 November 2023.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sulawesi Selatan, Harmansyah menyatakan bahwa Pemilu adalah momentum untuk menentukan masa depan pembangunan 5 tahun.

"Pemilu juga menjadi momentum sirkulasi dan regenerasi kepemimpinan," ujarnya.

Selain itu, Ketua KNPI Sulsel Andi Surahman Batara berharap para kontestan dan pendukung sama-sama berusaha untuk memahami tujuan pemilu agar menghindari gejolak dan riak politik.

"Saya menyerukan kepada pemuda dan mahasiswa sekiranya menyambut tahun politik dengan penuh kesejukan, silahkan memilih dengan cerdas sesuai hati nurani dan mari menyongsong pemilu 2024 dengan aman dan kondusif," tambahnya.

Tak hanya itu, Ketua GMNI Sulsel, Janovalini menilai bahwa ini adalah momentum bagi kaum muda mengambil peran.

"Baik politik praktis terlibat sebagai caleg maupun tim pemenangan dan juga terlibat dalam mengawasi berjalannya pemilu sebagaimana yang diharapkan bersama," bebernya.

Ketua GMKI Kota Makassar juga berharap agar segenap pemuda dan OKP untuk terlibat aktif mendukung terlaksananya pemilu yang damai serta menjadi bagian dari pelopor Kamtibmas di tahun politik.

"Apalagi Sulsel atau Makassar adalah sentrum Indonesia Timur, sehingga memang perlu pelibatan semua elemen untuk menjaga situasi tetap kondusif," terangnya.

Ia juga berharap semoga pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai serta dapat melahirkan pemimpin bangsa yang sesuai harapan rakyat.

Terakhir, Dawita Rama selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Makassar menyampaikan sikapnya untuk pemilu mendatang.

Ia mendorong agenda Pemilu damai 2024. Agenda ini akan menjadi salah satu prioritas utamanya dalam 3 bulan ke depan.

“Dengan tujuan mewujudkan Pemilu yang damai, bermartabat, dan berkualitas, sebagai tolak ukur kedewasaan demokrasi, dengan menciptakan ruang digital yang sehat,” tuturnya. (*)

  • Bagikan