Partai Koalisi Dukung Anies Bangun Mattoanging

  • Bagikan
Rencana pembangunan Mattoangin International Stadium yang diinisiasi oleh Anies Baswedan. (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Koalisi Anies Baswedan di Provinsi Sulawesi Selatan mendukung rencana mantan Gubernur DKI Jakarta itu membangun Stadion Mattoanging jika terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Diketahui, Anies Baswedan sudah menunjukkan desain dan memberikan nama Mattoangin International Stadium. Anies juga menandatangani kontrak dengan kelompok suporter PSM Makassar sebagai komitmen kalau mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat memimpin Indonesia.

Komitmen itu disampaikan Anies saat menghadiri dialog 'Suporter Menggugat' di Gori Artisan Building, Makassar, Sabtu (18/11/2023).

Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung rencana Anies untuk menghadirkan stadion baru bagi warga Sulsel dan pecinta olahraga pada umumnya.

"Pada dasarnya kita sangat mendukung pembangunan Stadion. Apalagi capres usungan kita NasDem mau penuhi harapan masyarakat dan pecinta sepak bola," ungkapnya, Minggu (19/11/2023).

Wakil Ketua DPRD Sulsel itu mengaku, sejauh ini sebagai wakil rakyat pihaknya sudah memperjuangkan alokasi anggaran masuk kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging. Tetapi, masih berproses hukum menjadi kendala.

"Sejauh ini kita terus berikan support terkait anggaran (pembangunan stadion). Tetapi belum ada realisasi. Sekarang ada capres pak Anies yang peduli membangun stadion di Makassar, ini suatu inisiatif patut kita dukung dan kita support bersama. Karena semata untuk kebutuhan sepak bola," jelasnya.

Sedangkan, Sekretaris Fraksi PKB DPRD Sulsel, Fauzi Andi Wawo mengemukakan, niat Anies Baswedan adalah suatu hal patut didukung dengan segala kemampuan dimiliki Sulsel.

Menurutnya, jika program capres, maka tentu sumber anggaran jelas karena alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sehingga tidak terlalu membebani anggaran daerah atau APBD.

"Kalau dilihat namanya, Mattoangin International Stadium. Program strategis capres kita, itu pasti bersumber APBN, kita harap semua pihak mendukung karena tidak terlalu menguras APBD, jika kelak dipercayakan, pak Anies capres 2024," katanya.

Apalagi, kata dia, kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging dan Barombong terkatung-katung sehingga banyak keluhan masyarakat.

Bahkan, Anggota Komisi E DPRD Sulsel itu menyoroti wacana Pemprov membangun stadion baru di Gelanggang Olahraga (GOR) Sudiang, Kota Makassar.

"Kita berharap agar Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin memprioritaskan kelanjutan Stadion Barombong. Kalau dikasih kesempatan, saya mau menyampaikan ke Pak Gubernur untuk lebih memprioritaskan Stadion Barombong," kata Fauzi

Sebelumnya, dalam lawatannya di Makassar, Anies Baswedan memastikan akan menggunakan tenaga kerja lokal dalam pembangunan.

"Yang pasti pengerjaannya 100 persen menggunakan tenaga Indonesia," kata Anies di depan suporter.

Dia menyatakan, pembangunan stadion diperkirakan tuntas dalam tiga tahun.

"Proses pembangunannya diperkirakan dari mulai jalur tracking sampai tuntas sekitar 3 tahun, doakan bisa segera mungkin," tutur Eks Gubernur DKI Jakarta ini.

Namun kata dia, untuk bisa membangun stadion yang dijanjikan, dia membutuhkan dukungan dari para suporter di pilpres.

"Tapi untuk itu bisa berjalan memerlukan tanda tangan, tidak ada tanda tangan tidak bisa jadi. Tanda tangan didapatkan lewat apa, Pilpres. Jadi kalau gitu kita sama-sama bersiap-siap untuk diberikan kami ikhtiarkan Stadion itu dibangunkan. Karena tanpa tanda tangan itu tidak bisa dimasukkan APBN," jelas mantan Mendikbud ini.

"Nantinya stadion ini akan menampung 40.000 penonton. Kita berharap Stadion ini bisa menampung sekitar 40.000 penonton di sini," lanjut dia.

Perwakilan Suporter, Dg Uki mengatakan pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menuntut pembangunan stadion di Makassar. Mulai dari turun aksi demonstrasi, bertemu Gubernur hingga RDP dengan DPRD Sulsel.

"Semua kita sudah lakukan, bahkan sisa nyawa yang belum kita serahkan. Tapi memang belum ada stadion Pak sampai saat ini," kata Dg Uki kepada Anies.

Dg Uki meminta Anies agar pembangunan stadion bukan sekedar janji saja. Sebab sejumlah kepala daerah sebelumnya, juga sudah berjanji tapi tidak pernah ada yang terealisasi.

"Kami mengingatkan janji itu Pak. Meski tidak seberapa yang hadir, tapi bisa mewakili kesedihan hati teman-teman semua yang mencintai PSM. Kami ingin langsung mendengarkan komitmen Pak Anies nantinya ketika terpilih," jelasnya.

Selain itu, Anies juga diminta melakukan penandatanganan komitmen pembangunan stadion di Sulsel, jika nanti terpilih sebagai Presiden 2024.

  • Bagikan