Indira Yusuf Ismail Ingatkan IRT Peduli Kesehatan Melalui Kampanye SADARI dan Tes IVA

  • Bagikan
Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail saat membuka sosialisasi kampanye SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) di Puskesmas Makkasau, Selasa (28/11). Foto: SHASA ANASTASYA/RAKYATSULSEL/A

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Dinas Kesehatan Kota Makassar berkolaborasi menggelar sosialisasi kampanye SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) di Puskesmas Makkasau, Selasa (28/11).

Sosialisasi ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 28-30 November 2023. Giat sebagai salah satu rangkaian acara dalam memperingati Hari Ibu tahun 2023.

Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail mengungkapkan tujuan kampanye SADARI dan Tes IVA agar seluruh perempuan di Kota Makassar terutama kepada para IRT lebih peduli terhadap kesehatan mereka.

Indira pun meminta agar para IRT menyisihkan waktu untuk rutin melakukan SADARI dan pemeriksaan IVA di puskesmas terdekat untuk mendeteksi dini penyakit kanker sebagai upaya pencegahan.

"Seperti kita ketahui, kita perempuan banyak sekali yang perlu kita jaga, jadi ibu-ibu harus aware karena tugas kita sangat banyak tapi kesehatan juga harus kita jaga," ujar Indira.

Hal ini, kata Indira, sebagai salah satu langkah untuk memerangi kanker mulut rahim dan kanker payudara yang banyak menyerang para parempuan dan IRT.

"Paling banyak itu kita perempuan kanker mulut rahim, terakhir dari data juga kanker payudara," jelas Indira.

Lewat sosialisasi ini, Indira juga kembali mengingatkan agar masyarakat memanfaatkan fasilitas pemeriksaan IVA secara gratis yang di telah disediakan di puskesmas.

Dia juga mengingatkan hadirnya shelter warga yang telah dibentuk pemerintah Kota Makassar juga telah di setiap kecamatan. Mereka akan mendampingi dan mengantarkan warga untuk melakukan tes IVA.

"Tes IVA ini tentunya sudah sering kita laksanakan, tapi masih banyak ibu-ibu yang takut, atau malu. Tapi ini penting dan seluruh puskesmas ada tes IVA nya, alhamdulillah ini gratis," terang Indira.

Terakhir, Indira mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Juga meminta kepada hadirin untuk betul-betul memahami materi yang akan dipaparkan oleh narasumber. (Shasa/B)

  • Bagikan