Masuk Musim Hujan, BPBD Petakan 4 Kecamatan Rawan Banjir di Makassar 

  • Bagikan
Prakirawan BBMKG Wil. IV Makassar memantau kondisi cuaca.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah memetakan wilayah-wilayah yang rawan terdampak banjir di Kota Makassar. Empat kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Manggala, Tamalanrea, Biringkanaya dan Panakkukang. 

Pemetaan itu dilakukan karena saat ini Kota Makassar telah memasuki musim penghujan. Di mana, berdasarkan BMKG Wilayah IV Makassar telah mengeluarkan surat peringatan dini cuaca selama sepekan ke depannya yang diprediksi terjadi curah hujan dengan intesitas sedang hingga lebat.

Curah hujan yang tinggi tersebut berpotensi menyebabkan terjadi bencana hidrometeorologi seperti potensi longsor, banjir bandang dan genangan pada daratan rendah di kawasan perumahan maupun lahan pertanian/perkebunan yang juga berpotensi menyebabkan kerusakan. 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin mengatakan di musim hujan seperti ini pihaknya sangat berfokus pada ke empat kecamatan tersebut. 

Sebab, menurut Hendra, berdasarkan pengalaman menunjukkan kalau hujan intensitas tinggi dalam rentang waktu yang lama dapat menyebabkan banjir. 

"Kecamatan-kecamatan ini yang kita terus pantau jika terjadi hujan intensitas tinggi," ucap Hendra, Selasa (5/12). 

Meski begitu, Hendra mengatakan hingga saat ini hujan yang terjadi beberapa hari terakhir belum menimbulkan banjir di ke empat kecamatan tersebut. Tetapi, pihaknya akan terus melakukan pemantauan. 

  • Bagikan