Menakar Peluang Figur Bakal Calon Gubernur 2024

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Lembaga Survey Public Policy Network (Polinet) merilis mengenai Preferensi Politik Masyarakat Sulawesi selatan terkait Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 mendatang dan juga Pemilihan Gubernur Sulsel 2024.

Direktur Public Policy Network, Rizal Pauzi mengungkap hasil temuan dan analisis survei nya. Untuk mengukur tingkat keterpilihan pasangan kandidat di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Tim Polinet melakukan survei mulai tanggal 21-29 November 2023. Data kemudian dirampungkan dari lapangan untuk dirilis hasil survei tersebut.

Figur yang dianggap layak memimpin Sulawesi Selatan yakni Andi Sudirman Sulaiman yakni 27 persen, Adnan Purichta Ichsan yakni 24 persen, Indah Putri Indriani 7 persen dan selebihnya dibawah 6 persen. 10. "Terdapat 75 persen masyarakat Sulsel menyatakan komitmennya untuk memberikan hak suara pada pemilu 2024, 20 persen menyampaikan tidak akan memilih dan 5 persen tidak menjawab,” tandasnya.

Lantas bagimana tanggapan akademisi melihat peluang figur tersebut, siapa berpotensi masuk dominan dilirik parpol dan dipilih masyarakat?

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin, Dr Tasrifin Tahara mengatakan menilai hampir semua memiliki peluang, namun, kedepan akan tampak figur yang masuk 5 besar.

"Saya kira figur-figur yang menempati 5 besar dari survey adalah representasi calon Gubernur dan wakil Gubernur pada Pilgub tahun 2024 nanti," ujarnya, Rabu (6/12/2023).

Lebih lanjut, Doktor Antropologi, Program Pascasarjana FISIP, Universitas Indonesia, Tahun 2006 – 2010 itu, beranggapan hanya saja waktu masih cukup panjang untuk menentukan figur yang unggul.

  • Bagikan