Tampil Memukau di Debat Capres, Partai Koalisi Optimis Elektabilitas AMIN Naik

  • Bagikan
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat debat capres 2024, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12). (Foto: Ricardo/JPNN)

Yang disampaikan Pak Anies, tenth bukan sekedar khayalan. Dalam debat ia turut memaparkan cara-cara. Pertama, atas semua pelanggaran HAM harus diseleaikan tuntas.

"Kedua memastikan keadilan. Dan ketiga, membangun dialog kopartisipatif," bebernya.

Gagasan yang disampaikan Anies ini, kata Ramli adalah sebuah tanggapan atas jawaban yang diberikan Prabowo menjawab pertanyaan strategi menyelesaikan kekerasan yang meningkat di Papua. Paslon capres nomor urut dua tersebut, menurut Ramli, justru menganggap permasalah di sana sangat rumit.

"Yang mana menurut Pak Prabowo di sana rumit karena ada campur tangan asing, kekuatan tertentu selalu membuat Indonesia disintegrasi. Bahkan beliau menyalahkan kelompok teroris," beber mantan ketua IGI itu.

Jawaban ini ditegaskan Ramli, terdengar tidak memberikan solusi sama sekali. Justru Prabowo yang mendengar tanggapan Anies, kata dia, turut setuju dengan keingan-keinginan AMIN menyelesaikan persoalan kekerasan yang terus meningkat di Papua.

"Tidak ada solusi. Yang ada Pak Prabowo membernarkan bahwa jaminan keadilan memang harus diberikan kepada masyarakat Papua. Kendati tetap menurut beliau tidak sesederhana itu. Ada Faktor lain, geopolitik, dan ideologi, yang tidak gampang," tukasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan