Pelepasan dan Pembukaan Kegiatan “Eksplodiksi 2023”

  • Bagikan
Pelepasan dan Pembukaan kegiatan EKSPLODIKSI 2023 yang bertempat di Pelataran Phinisi pada hari Jumat, (15/12/2023) dan hari Sabtu (16/12/2023) di Kecamatan Balocci.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Makassar laksanakan kegiatan Pelepasan dan Pembukaan kegiatan EKSPLODIKSI 2023 yang bertempat di Pelataran Phinisi pada hari Jumat, (15/12/2023) dan hari Sabtu (16/12/2023) di Kecamatan Balocci.

Kegiatan Eksplodiksi adalah singkatan dari Eksplorasi, Pengabdian, dan Edukasi. Program kerja ini merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Mahasiswa KIP Kuliah kepada masyarakat sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian masyarakat.

Kegiatan Eksplodiksi ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap humanis antara mahasiswa dan masyarakat melalui pengabdian dalam menerapkan pengetahuan sesusai dengan profesi, minat, bakat, cita-cita, dan semangat Mahasiswa KIP Kuliah sebagai Agent of Change.

Kegiatan Eksplodiksi mengangkat tema “Take a Chance, Make a Change”, yang artinya ambil kesempatan, buat perubahan. Sesuai dengan artinya mahasiswa menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan di perguruan tinggi kemudian diterapkan di lokasi pengabdian dan bisa bermanfaat bagi masyarakat maupun mahasiswa.

Kegiatan Eksplodiksi ini mengadakan 6 (enam) program kerja yang di antaranya; pertama Program Kelas Edukasi, yang bertujuan memberikan dampak dalam bidang pendidikan di lokasi pengabdian.

Program kedua yaitu Creative Economy Training, program pelatihan ini dirancang untuk mengajarkan masyarakat setempat bagaimana membuat berbagai jenis produk, baik yang berhubungan dengan kerajinan, industri, atau strategi pemasaran.

Program yang ketiga Sosialisasi KIP Kuliah, bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada siswa yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi namun terkendala biaya.

  • Bagikan