Rektor Unhas Beberkan Target 2024, Prof JJ: Unhas Capai World Class University

  • Bagikan
Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, merancang target agar di tahun 2024 Menuju World Class University (WCU) bersaing kampus dunia.

Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa mengatakan, proses untuk menuju internasionalisasi perguruan tinggi atau WCU melalui berbagai tahapan dan syarat yang telah ditetapkan oleh lembaga terkait.

"Ada berbagai target kami siapkan, agar di tahun 2024 Unhas siap menjadi WCU dan mampu meraih target. Tahapan seperti, program pendidikan, program riset, selanjutnya perlu penataan organisasi, sumberdaya, dan program pelayanan," katanya saat jumpa bersama awak media di Kampus Unhas, Gedung Rektorat, Sabtu (30/12/2023).

"Itu tantangannya pertama itu lebih banyak mensurvei global scientists. Ilmuwan di seluruh dunia ini itu harus punya persepsi yang baik tentang Unhas. Tantangan kita di Unhas adalah bahwa ketika pertanyaan itu kepada katakanlah begini, ada survei masuk, top of mind," tambah dia.

Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah, bergabung dengan konsorsium riset internasional merupakan salah satu strategi, mendokrak publikasi, aspek pengabdian masyarakat. Juga internalisasi produk inovasi, pemeringkatan Universitas Kelas Dunia.

"Syaratnya adalah kita bisa melebihi standar-standar yang dimiliki. Ini kan berpacu, standarnya katakanlah 6, ini bukan persoalan kita mencapai yang baik tapi orang lain mencapai lebih baik kita tetap di bawah," jelasnya.

  • Bagikan