Bantuan Pemprov Bakal Sasar 30 UMKM Tiap Kabupaten/Kota

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM di di Gedung Simpurusiang- Malili, Kamis ( 4/1/2024) lalu.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Upaya peningkatan ekonomi masyarakat tengah Pemprov Sulsel melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, salah satunya adalah pemberian bantuan kepada para pelaku UMKM di Sulsel.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, Jumat (5/1/2024).

Kata dia, Pemprov Sulsel bakal memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM sebanyak 30 UMKM di masing-masing Kabupaten dan Kota yang ada di Sulsel.

“Jadi 30 UMKM setiap kabupaten dan kota yang ada di sulsel kita akan berikan bantuan, itu bentuk perhatian pemerintah provinsi Sulsel untuk pengembangan UMKM,” paparnya.

Ia menyampaikan, hal itu merupakan salah program yang akan dijalankan oleh pihaknya pada tahun anggaran ini.

Pentingnya pengembangan daya UMKM itu juga akan berpengaruh terhadap penyuksesan program Pemprov Sulsel yang tengah fokus pada tiga sektor, Pertanian Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.

Ia mengutarakan, UMKM juga merupakan salah satu muara komoditas yang memiliki peran pengolahan sehingga akan meningkatkan produktivitas dan peningkatan perputaran ekonomi masyarakat.

“Program Pemprov saat ini juga kan pasti muaranya ke UMKM,” ujarnya.

Lanjut dia, secara kuantitas penerima tahun 2024 ini pemberian bantuan kepada UMKM itu meningkat dari tahun sebelumnya. Pemprov Sulsel memberikan bantuan 10 booth kontainer dan booth semi kontainer pada tahun 2023, jika diasumsikan itu itu hanya mampu memberdayakan 15 sampai 20 orang saja.

Ia juga menyampaikan, pemberian pendampingan kepada para pelaku UMKM juga akan dilakukan agar lebih memiliki kemampuan berdaya yang baik dan terarah.

Sekadar diketahui, Pemprov Sulsel menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM. Bantuan tersebut berupa peralatan dan diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin di di Gedung Simpurusiang- Malili, Kamis ( 4/1/2024) lalu.

Salah seorang penerima bantuan, Hasbuana HD, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. "Terima kasih Pak Gubernur atas bantuannya. Saya usaha bawang goreng. Dan bantuan ini sangat bermanfaat," kata pemilik usaha Tuhfah Buana ini.

Sementara, Donna Asman pelaku usaha kerajinan tangan dan rajutan mengatakan, selain bantuan peralatan yang diberikan, ia juga mendapatkan pendampingan yang membuat usahanya semakin berkembang.

"Bantuannya luar biasa. Selain peralatan, kami juga diberi pendampingan agar usaha saya semakin berkembang. Terima kasih Pak Gubernur," ucapnya. (Abu/B)

  • Bagikan