Capres-Cawapres Jajal Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Calon presiden dan calon wakil presiden mulai menggarap pemilih di Sulawesi Selatan dalam sisa masa kampanye Pemilu 2024. Calon Wakil Presiden nomor urut tiga, Mahfud MD akan berkampanye di kampus Universitas Hasanuddin, besok. Adapun, calon presiden Anies Rasyid Baswedan dijadwalkan melakukan propaganda di Kabupaten Barru dan Bone, pekan depan.

Mahfud Md memilih melakukan kampanye di hadapan sivitas akademika Universitas Hasanuddin pada, Sabtu 13 Januari 2024. Satuan Tugas Kampanye di Unhas, Profesor Muhammad memastikan Mahfud akan hadir dan bertapap muka dengan seluruh akademisi dan mahasiswa 'kampus merah'.

"Kami telah menerima surat dari Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud mengenai kehadiran Mahfud di Unhas," beber Muhammad, Kamis (11/1/2024).

Muhammad mengatakan, kegiatan Mahfud di Unhas untuk menyampaikan gagasan, visi, dan misi calon pemimpin bangsa. Mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) itu mengatakan penyampaian visi dan misi kandidat tidak dilarang di dalam kampus dan sudah sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Mahkamah Konstitusi juga membenarkan adanya kampanye dalam kampus. Itu sebabnya pimpinan Unhas Unhas membuka kesempatan itu kepada semua kandidat," imbuh Muhammad.

Muhammad mengatakan, acara tersebut akan dibagi beberapa sesi. Rencananya, Mahfud akan menyampaikan visi dan misi pada sesi pertama. Kemudian sesi kedua akan dibuka tanggapan dari panelis yang telah ditentukan oleh rektor dan guru besar Unhas.

"Lalu, Pak Mahfud akan menanggapi para panelis. Selanjutnya, kami juga memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memberi tanggapan. Jadi mahasiswa berinteraksi langsung dengan cawapres itu," ujar Muhammad.

Lebih jauh Muhammad mengatakan, Unhas tetap membuka kesempatan yang sama bagi capres dan cawapres lainnya apabila berkeinginan untuk melakukan hal serupa, sebelum masa kampanye berakhir.

"Kami mengundang semua capres dan cawapres. Kebetulan yang baru merespons adalah cawapres nomor urut tiga. Undangan ke 02 dan 01 juga sudah disampaikan cuma belum ada tanggapan, mungkin masih menyesuaikan jadwal," beber Muhammad.

Sekretaris Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud di Sulsel, Fadli Ananda mengatakan pihaknya telah mempersiapkan agenda penjemputan kepada Mahfud.

"Kami sudah koordinasi dan melibatkan relawan untuk menjemput Mahfud," ujar dia.

Menurut Fadli, safari politik Mahfud di Sulsel demi memenuhi undangan dari pihak kampus Unhas untuk berbagi gagasan, visi, dan misi. Meski begitu, Fadli mengaku tetap menyiapkan ruang agart mahfud bisa bertemu dengan tim pemenangan dan relawan di Sulsel.

"Beliau lebih banyak akan diskusi, terutama di Unhas. Kami memberikan ruang untuk relawan untuk menjemput," ujar dia.

Fadli mengatakan, ada sejumlah daerah yang menjadi basis suara Ganjar-Mahfud di Sulsel. Daerah itu yakni Makassar, Pinrang, Luwu Timur, Toraja, dan Toraja Utara.

Sementara itu, komisioner Badan Pengawas Pemilu Sulsel, Saiful Jihad meminta pihak kampus tetap memberi porsi yang adil kepada seluruh calon presiden dan calon wakil presiden yang ingin memaparkan visi misi di setiap perguruan tinggi atau kampus. Saiful mengatakan, Bawaslu telah menyampaikan ke setiap perguruan tinggi menyangkut mekanisme kampanye dalam kampus.

“Tim kampanye meminta kepada salah satu kampus (melakukan kampanye) maka kampus harus perlakukan sama jika ada yang meminta,” kata Saiful.

Dia mengatakan, pihak kampus juga harus melihat siapa-siapa saja yang diperbolehkan hadir dalam acara tersebut. Saiful mengatakan, tidak boleh ada tim kampanye dari pasangan calon di kampus. “Jadi mahasiswa boleh hadir. Yang tidak boleh adalah membawa tim kampanye dari luar," ujar Saiful.

Direktur Politik Profetik Institute, Asratillah mengatakan kampus merupakan lokus bagi kelas menengah ke atas untuk berkumpul. "Sehingga keputusan-keputusan politik bisa diambil berdasarkan pertimbangan rasional," ujar dia.

Menurut Asratillah, salah satu hal yang dipertimbangkan secara matang oleh segmen pemilih menengah ke atas adalah rekam jejak kepemimpinan kandidat dan visi misi.

"Rekam jejak kepemimpinan berkaitan apa yang telah ditorehkan kandidat di masa lalu, atau jenis kontribusi yang diberikan kepada masyarakat. Sedangkan visi adalah ke arah mana kandidat ingin membawa republik ini, dan langkah-langkah apa yang mereka mesti tempuh," kata Asratillah.

Untuk mengetahui rekam jejak kandidat, sambung dia, tentu segmen pemilih kelas menengah terpelajar bisa mengakses berita atau informasi kandidat bersangkutan.

"Sedangkan untuk mengetahui visi kandidat, bisa diakses melalui dialog atau diskusi tatap muka dengan kandidat," imbuh dia.

"Dengan kata lain dialog terbuka dan akademis sangat berpeluang mempengaruhi pilihan para sivitas akademika. Sehingga kandidat yang paling rasional cara penyampaiannya kemungkinan akan semakin mampu mempengaruhi preferensi politik sivitas akademika di kampus," sambung Asratillah.

Asratillah juga menyebutkan membawa kandidat ke kampus merupakan salah satu cara efektif untuk menguji konsistensi dan ketajaman visi yang ditawarkan oleh para kandidat.

"Dan ini tentu kesempatan yang sangat bagus buat dosen atau mahasiswa untuk mengorek, mengkritisi serta mengambil inspirasi mencerahkan dari visi masing-masing kandidat," ujar Asratillah.

Kendati demikian dia berharap kampus mesti bersikap netral terhadap kandidat-kandidat capres dan cawapres yang ada.

"Kampus mesti memberikan ruang dan kesempatan yang sama bagi masing-masing kandidat untuk menyampaikan gagasan-gagasannya. Jika ada oknum kampus yang berupaya mengarahkan/mengintimidasi pilihan mahasiswa/dosen/staf kampus, maka mesti dilaporkan dan diproses sesuai regulasi yang berlaku," ucap dia.

Anies di Barru-Bone

Sementara itu, Anies Baswedan dijadwalkan akan melakukan safari politik pada 17 Januari 2024. Adapun daerah yang menjadi tujuan Anies adalah Kabupaten Barru dan Bone. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan bertemu tim dan relawan serta masyarakat umum.

Ketua Tim AMIN di Sulsel, Syaharuddin Alrif mengatakan pihaknya akan melakukan konsolidasi untuk membahas persiapan kedatangan Anies yang akan berkampanye di Barru dan Bone. Dia mengatakan, meski baru konsolidasi, tetapi semua partai pengusung dan relawan telah bergerak dengan agenda pemenangan masing-masing sejak lama. Dia optimis Anies-Muhaimin akan unggul di Sulsel.

"Kami tidak mau menyebut angka targetnya, tapi sepertinya untuk AMIN di Sulsel menang," kata Syaharuddin.

Syaharuddin mengatakan, alasan Anies memilih Bone dan Barru sebagai lokasi kampanye karena ada beberapa hal. Menunut dia, di Barru Anies punya agenda menghadiri undangan dari pengurus Pesantren DDI Mangkoso.

"Kami dari TPD menyampaikan tidak enak hati kalau tidak menghadiri. Sehingga kali ini bertepatan jadwal waktu Anies bisa kunjungi untuk silaturahmi. Adapun agenda Anies di Bone memang telah dijadwalkan jauh-jauh hari. ," kata dia.

Anies di Bone, dijadwalkan akan didampingi Jusuf Kalla, yang merupakan tanah kelahiran mantan wakil presiden tersebut. "Kita minta satu titik untuk kampanye terbuka di Bone. Kami sangat berharap Pak JK bisa hadir.Di Mangkoso, Pak JK juga bisa hadir selaku pembina pesantren itu," kata Syaharuddin.

Sekretaris TPD AMIN Sulsel, Amri Arsyid menambahkan pemenangan di Sulsel akan dimasifkan di sisa masa kampanye.

"Memang kita mendorong semua calon anggota legislatif kita baik pusat, daerah, untuk memberikan support utama," ujarnya.

Termasuk memasifkan pergerakan para caleg dari partai pengusung untuk mensosialisasikan visi-misi pasangan AMIN di daerah pemilihannya masing-masing.

"Nanti relawan akan bergabung, demikian juga dengan seluruh kader partai akan bergabung," ujar Ketua DPW PKS Sulsel ini.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Anies-Muhaimin Sulsel, melakukan konsolidasi dan rapat perdana untuk semua tim dan relawan di Ballroom Aqifa Building, Jalan Metro Tanjung Bunga. Wakil Bendahara Umum, Tim Nasional (Timnas) AMIN Fatmawati Rusdi mengatakan pertemuan perdana ini bertujuan agar terbangun soliditas TPD partai koalisi dan relawan untuk memenangkan AMIN di Sulsel.

"Melihat semangat para relawan yang luar biasa, saya meyakini pasangan AMIN di Sulsel menang di Pilpres 2024," ujar Fatmawati. (suryadi-fahrullah/C)

  • Bagikan