Chaidir Syam Resmi Raih Gelar Doktor

  • Bagikan

MAROS, RAKYATSULSEL - Kini di depan nama Chaidir Syam, Bupati Maros telah disematkan gelar doktor. itu ia dapatkan setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Hakikat Fungsi Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Terhadap Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Maros, pada Sidang Terbuka Promosi Doktor Program Studi Ilmu Hukum Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Sabtu (20/01/2024).

Chaidir mengatakan, judul tersebut diambil saat dirinya masih menjabat sebagai ketua DPRD Maros. Judul ini diambil dengan alasan memperkuat fungsi dan harmonisasi antara legislatif dan eksekutif yang harus dijaga dengan baik."

Agar pengawasan ini bisa membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan program untuk kepentingan masyarakat," ungkapnya.

Namun dari hasil penelitian yang dipaparkan Chaidir menyatakan kualitas SDM di DPRD Maros masih tergolong rendah.

"Ada beberapa sampel bahwa SDM di DPRD harus ditingkatkan, tapi kami juga sebutkan di disertasi bahwa DPRD sudah meningkatkan pengetahuannya melalui Bimtek," ujarnya.

Mantan ketua DPRD tersebut juga mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menyelesaikan S3-nya.

"Terutama soal waktu, aktivitas keseharian saya yang harus membagi waktu antara menyusun disertasi dan peran saya sebagai kepala daerah," tutur Chaidir.

Ia berharap ilmu yang diperolehnya dapat bermanfaat untuk diimplementasikan bagi kemajuan dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Maros.

"Saya berharap ilmu yang saya peroleh in, gelar yang saya dapatkan ini dapat membuat saya lebih bermanfaat di masyarakat, dapat saya implementasikan untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat Maros," tutupnya. (Iqbal/B)

  • Bagikan