Kapolres Parepare Pimpin Apel Pasukan Pengamanan TPS pada Pemilu 2024, Kerahkan 187 Personel

  • Bagikan
Kapolres Kota Parepare, AKBP Arman Muis, memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan TPS dalam rangka Pemilu serentak tahun 2024.

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Kepolisian Resor (Polres) Kota Parepare menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Kapolres Kota Parepare, AKBP Arman Muis memimpin apel tersebut. Hadir Ketua Bawaslu Kota Parepare Muh Zainal Asnun, dan komisioner KPU Kota Parepare Kalmasyari.

Kegiatan itu, berlangsung di Mako Polres Kota Parepare, Jalan Andi Mappatola, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Jumat, 9 Februari 2024.

Tercatat, ada sekitar 187 personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024 kali ini. Mereka, akan disebar di 395 TPS, 22 kelurahan dan 4 kecamatan di Kota Parepare.

Dalam apel itu, AKBP Arman Muis memastikan kesiapan personel untuk pengamanan pemilu, serta menyerahkan perlengkapan logistik kepada personel secara simbolis.

Langkah ini, diambil sebagai bentuk dukungan dan persiapan yang matang dalam melaksanakan tugas di TPS. Termasuk, langkah strategis dalam memastikan kelancaran dan keamanan proses Pemilu tahun 2024 di Kota Parepare.

“Kami berharap dengan persiapan yang matang dan sinergi antara semua pihak terkait, pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar, dan demokratis,” kata Kapolres Kota Parepare.

Dia menekankan pentingnya peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu.

“Kami siap mengawal dan menjaga jalannya Pemilu dengan profesionalitas dan integritas. Namun, kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk aktif berperan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif selama masa Pemilu,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, sebanyak 187 personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024 kali ini. Mereka, akan disebar di 395 TPS, 22 kelurahan dan 4 kecamatan di Kota Parepare.

“Dengan semangat gotong royong dan kerja sama antara pihak kepolisian, TNI, pemerintah kota, dan seluruh elemen masyarakat, diharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 di Parepare dapat berjalan sukses dan damai,” harapnya.

Karena itu, dia menekankan kepada para personel yang terlibat dalam pengamanan TPS agar betul-betul melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana mestinya.

“Berikan yang terbaik untuk jaga prilaku dan sikap saat Pengamanan di setiap TPS dan kedepankan sisi humanis berikan yang terbaik untuk negara kita, jika ada yang sakit segera laporkan saling berkoordinasi satu sama lain selamat melaksanakan tugas,” ujarnya.

Sementara itu, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Parepare Kalmasyari menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polres Parepare, karena selama ini melakukan pengamanan di Kantor KPU dan Bawaslu Kota Parepare.

Ia menjelaskan, bahwa pada tanggal 11 Februari 2024, logistik kotak suara akan dipindahkan dari gudang KPU ke gudang PPK. Lalu, di tanggal 12 Februari dari gudang PPK ke PPS dan tanggal 13 dari gudang PPS ke KPPS atau TPS.

“Jumlah TPS di Parepare ada 395, tersebar di 22 kelurahan dan 4 kecamatan. Sedangkan Untuk Jumlah PPK 5 orang, jumlah PPS 3 orang, dan jumlah KPPS 7 orang,” ujarnya.

Dia pun mengucapkan, terima kasih kepada Kapolres Kota Parepare yang telah melibatkan KPU dan Bawaslu pada apel pergeseran pasukan.

“Terima kasih pak Kapolres Parepare telah mengundang kami dalam apel pergeseran pasukan, sehingga dapat beratap muka secara langsung dengan personel yang akan membantu pengamanan dalam menyukseskan pemilu tahun 2024. Sinergitas sangat kami butuhkan dalam menyukseskan pemilu 2024, suksesnya pemilu juga kesuksesan kita bersama,” tandasnya.

  • Bagikan