Lakukan Tips Berikut ini, agar Liburanmu Menyenangkan

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Libur panjang akhir pekan ini bersamaan dengan peringatan Isra' Mi'raj dan Tahun Baru Imlek. Momen tersebut banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur.

Namun, masyarakat juga harus waspada karena bulan ini hampir seluruh wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan.

Agar liburan bersama keluarga tetap menyenangkan dan nyaman, berikut sejumlah tips berlibur saat musim hujan, seperti dikutip dari akun Instagram Kementerian Pariwisata dan Perekonomian Kreatif (Kemenparekraf).

1. Periksa perkiraan cuaca di kota tujuan wisata

Sebelum memastikan tanggal kunjungan, sebaiknya wisatawan mengecek prakiraan cuaca di kota tujuan wisata. Pengecekan bisa dilakukan melalui website BMKG karena di laman tersebut bisa diketahui prakiraan cuaca suatu wilayah hingga beberapa hari kedepan.

Jika pada tanggal yang direncanakan wilayah atau tempat wisata tersebut berpotensi terjadi hujan intensitas tinggi atau bahkan disertai angin kencang, apalagi objek wisata alam, maka lebih baik ditunda atau dipindahkan ke hari lain saat prakiraan cuacanya lebih kondusif.

2. Membawa perlengkapan pelindung

Jika memang tetap berwisata meskipun nantinya berpotensi terjadi hujan di lokasi tujuan, maka wisatawan dapat membawa perlengkapan pelindung hujan, seperti payung, jas hujan, sepatu tahan air, hingga pelindung tas dari air.

Dengan menggunakan perlengkapan itu saat hujan, maka kegiatan wisata jadi lebih aman dan nyaman serta terlindung dari basah.

3. Periksa keamanan rute jalan

Saat merencanakan berwisata ketika musim hujan, wisatawan sebaiknya mencari informasi apakah rute jalan yang dilalui nantinya aman dari longsor serta permukaan jalannya tidak rusak berat atau bergelombang.

Jika rute jalan yang akan dilalui ternyata rawan seperti disebutkan di atas, maka carilah rute lain yang lebih aman dan potensi kerawanan bencananya lebih kecil.

4. Hindari aktivitas berbahaya

Jika berwisata pada musim hujan, maka sebaiknya pilih kegiatan wisata yang tidak mengandung aktivitas berbahaya seperti mendaki gunung atau berenang di pantai.

Pilih tempat wisata yang memiliki akses jalan mudah dijangkau dan dilalui kendaraan. Akses jalan yang licin dan arus air yang kuat bisa membahayakan perjalanan wisatawan.

5. Jaga kondisi kesehatan

Wisatawan harus menjaga kondisi kesehatan saat musim hujan agar saat bertamasya tidak mengalami sakit. Hal itu karena penyakit mudah menyebar saat musim hujan.

"Selalu jaga kesehatan diri, makanan dan minuman selama melakukan aktivitas wisata saat musim hujan," pungkas Kemenparekraf dalam unggahannya tersebut.

Musim hujan memang tidak bisa dihindari. Namun bukan berarti masyarakat tidak dapat berwisata saat musim tersebut tiba. Dengan mengikuti langkah-langkah seperti di atas, wisatawan akan tetap bisa bertamasya dengan nyaman meskipun potensi hujan bisa terjadi sewaktu-waktu. (jp/raksul)

  • Bagikan