35 Pelamar Masukkan Berkas Ikuti Lelang 7 Jabatan Lowong di Lingkup Pemkot, Dinsos Terbanyak

  • Bagikan
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Akhmad Namsun.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Lingkup Pemerintah Kota Makassar telah ditutup pada tanggal 16 Februari 2024 yang lalu.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar membeberkan ada sebanyak 37 pelamar yang telah memasukkan berkas untuk mengikuti seleksi terbuka JPTP untuk tujuh jabatan lowong yakni, Satuan Polisi Pamong praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan hidup (DLH), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perpustakaan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Kepala BKPSDM Kota Makassar, Akhmad Namsun mengatakan dari tujuh jabatan yang dibuka, Dinsos Makassar memiliki pelamar terbanyak yaitu 15 pelamar. Sedangkan, jabatan dengan jumlahpelamar tersedikit adalah Satpol PP Makassar 8 pelamar.

Sedangkan, untuk jabatan lainnya yakni DLH Makassar ada 11 pelamar, Dispora Makassar sebanyak 8 pelamar, Diskominfo Makassar 7 pelamar.

Lanjut dia, di DKP Makassar ada 8 pelamar dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Makassar sebanyak 11 pelamar.

"Jabatan terbanyak peminatnya Dinas Sosial dan yang sedikit pelamar itu Satpol PP," terang Akhmad, sapaan akrabnya, Minggu (18/2/2024).

Ia mengatakan masing-masing pelamar juga diberikan kesempatan untuk mendaftar di dua atau tiga jabatan lainnya.

"Setiap pendaftar diberi kesempatan memilih dua atau tiga jabatan," tambah Akhmad.

Khusus untuk jabatan Satpol PP, Akhmad menjelaskan untuk dibutuhkan sertifikat teknis khusus sebagai tambahan persyaratan.

Hanya saja, jika belum mempunyai sertifikat tersebut boleh dilampirkan surat penyataaan.

"Kalau tidak punya sertifikat tersebut. Dia (pelamar) membuat pernyataan, setahun harus memiliki sertifikat teknis tentang Satpol PP," jelas Akhmad.

Ia menambahkan para pelamar tak hanya dari lingkup Pemerintah Kota Makassar saja tetapi ada dari Pemerintah Provinsi Sulawesis Selatan dan Sulawesi Barat.

Ia menyebut seleksi terbuka JPTP ini, Timsel Pemkot Makassar memberikan peluang yang sama kepada pejabat yang memenuhi syarat untuk meningkatkan posisi sesuai dengan kompetensi dan profesionalisme mereka.

Setelah pendaftaran ini ditutup, tahapan selanjutnya yakni seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak pada tanggal 17 Februari dan pengumuman hasil seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak pada 20 Februari 2024.

Setelah itu, tahapan penilaian kompetensi (assesment center) dan penulisan makalah pada tanggal 21-24 Februari dan pengumuman hasil penilaian kompetensi (assesment center) dan penulisan makalah pada tanggal 29 Februari.

Lalu, tahapan wawancara kompetensi pada tanggal 1-2 Maret, pengumuman hasil wawancara kompetensi di tanggal 6 Maret, rapat penentuan hasil pada tanggal 8 Maret dan terakhir pengumuman hasil tiga terbaik pada tanggal 9 Maret 2024. (Shasa/B)

  • Bagikan