Cek Fakta dan Cara Alternatif untuk Mengatasi Mata Panda

  • Bagikan
ilustrasi mata panda

Menurut Ronald Moy seorang dokter kulit dan ahli bedah plastik di Beverly Hills California, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan produk-produk tersebut dapat menghilangkan lingkar hitam di bawah mata.

Namun, Ronald Moy telah melakukan penelitian terhadap protein di dalam beberapa produk perawatan kulit, terkait dengan faktor pertumbuhan epidermal.

Hasil menunjukkan bahwa faktor tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan sel pada kulit dan terbukti dapat mengurangi kantung mata dan kemungkinan juga dapat mencerahkan lingkar hitam di bawah mata, hingga tingkatan warna tertentu.

Beberapa dokter lainnya juga mengatakan bahwa krim dan serum mata yang mengandung asam hialuronat, antioksidan, atau kafein, dapat meminimalkan lingkaran hitam.

Tetapi, dalam penggunaan produk tersebut hanya sebatas perbaikan sementara dan tidak akan menghilangkan dark spot secara permanen.

Selain itu, beberapa cara alternatif perawatan kulit, seperti laser, pengelupasan secara kimia, jarum mikro, dan fillers, juga dapat membantu mengatasi dark spot atau lingkar hitam di bawah mata. (JP/RAKSUL)

  • Bagikan