Jangan Merokok Setelah Olahraga Jika Kamu Tidak Ingin Rugi!

  • Bagikan
ilustrasi

RAKYATSULSEL – Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Namun, apa jadinya jika Anda merokok setelah olahraga? Apakah Anda tahu bahwa kebiasaan ini dapat menimbulkan berbagai bahaya bagi kesehatan Anda?

Merokok setelah olahraga bukan hanya mengurangi manfaat dari aktivitas fisik yang Anda lakukan, tetapi juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, infeksi pernapasan, dan kanker.

Berikut adalah penjelasan dari para ahli mengenai bahaya merokok setelah olahraga seperti yang dilansir dari Livestrong.com, Senin (19/2).

Merokok Setelah Olahraga Mengurangi Manfaat dari Olahraga

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine, merokok segera setelah olahraga dapat mengurangi manfaat dari aktivitas fisik sebesar 40 persen.

Hal ini disebabkan oleh asap rokok yang mengandung karbon monoksida, nikotin, dan zat kimia lainnya yang dapat mengganggu aliran darah dan oksigen ke jantung dan otot.

Akibatnya, Anda tidak akan mendapatkan efek positif dari olahraga, seperti meningkatkan stamina, membakar kalori, atau menurunkan tekanan darah. Selain itu, merokok setelah olahraga juga dapat mengurangi pasokan oksigen ke otot dan menunda proses pemulihan.

  • Bagikan