Figur Milenial dan Gen Z Bakal Hiasi Kursi Legislatif di Sulsel Hingga Senayan

  • Bagikan
Pileg 2024 Diprediksi Seru

Selanjutnya, calon legislatif milenial dan Gen Z dipastikan akan menduduki kursi di DPRD Makassar. Di antaranya, tiga calon legislatif berlatar belakang profesi dokter yang dipastikan berhasil meraih kursi di DPRD Kota Makassar. Informasi ini didapatkan melalui real count dari info pemilu 2024 dan juga C1 Plano dari tim masing-masing calon.

Mereka adalah menantu Wali Kota Makassar, dokter Udin Saputra Malik (politisi muda PDIP) dari dapil Makassar III (Biringkanaya dan Tamalanrea), anak Rektor UNM, dokter Fahrizal Arrahman Husain Syam (PKB) dari Dapil 1 (Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Rappocini), dan anak anggota DPRD Sulael, drg. Eshin Usami Nur Rahman (Golkar) dari Dapil IV (Kecamatan Panakukkang dan Manggala).

Ketiganya termasuk dalam kategori calon legislatif milenial 2024. Meskipun proses rekapitulasi masih berlangsung, tim calon tersebut telah menyelesaikan perhitungan suara mereka, sambil menunggu rekapitulasi resmi KPU untuk penetapan.

Selain itu, terdapat figur muda lainnya seperti politisi Gerindra Muh. Farid Payendra dari dapil 5 Mamarita, dan Andi Tenri Uji Idris dari PDIP dari Dapil 5 Makassar (Kecamatan Mamajang, Mariso, dan Tamalate).

Terkait dengan munculnya wajah baru dan sejumlah figur milenial serta Gen Z yang berpeluang menduduki kursi legislatif di daerah hingga pusat, banyak hal yang menjadi prioritas.

Menanggapi hal ini, Pengamat Politik Unhas, Endang Sari, menyebutkan bahwa ada banyak faktor yang membuat figur milenial dan Gen Z terinspirasi untuk terlibat dalam politik.

Menurutnya, selain isu generasi yang menjadi pembeda mereka dari calon lain, sebagian besar dari mereka juga memiliki nama besar orang tua yang sudah dikenal luas di masyarakat.

  • Bagikan