Kemenkumham Babel Berharap Pemkab Bangka Tengah Daftarkan Madu Pelawan Namang jadi Indikasi Geografis

  • Bagikan

Madu Pelawan merupakan madu yang hanya bisa dihasilkan dari kawanan lebah yang membuat sarang di pohon Pelawan. Pohon Pelawan sendiri merupakan salah satu kekayaan hayati yang ada di Bangka Belitung yang seluruh bagiannya, mulai batang, akar, hingga ujung rantingnya berwarna merah. Pohon Pelawan merupakan sumber makanan bagi kawanan lebah.

Madu Pelawan diyakini ampuh meningkatkan imunitas dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Rasa pahit pada Madu Pelawan juga hanya bisa terjadi jika lebah mengonsumsi sari bunga dari Pohon Pelawan.

Untuk memperoleh Madu Pelawan harus menunggu panen lebah yang membuat sarang di Pohon Pelawan. Masa panennya harus menunggu selesainya musim bunga dari Pohon Pelawan.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto berharap, Madu Pelawan dapat segera terdaftar menjadi Indikasi Geografis. Madu Pelawan sudah memenuhi 3 kategori sebagai produk Indikasi Geografis, yakni memiliki reputasi, ciri khas dan karakteristik tersendiri.

Oleh karena itu, ia selalu mendorong jajarannya untuk selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan Pemda Babel untuk melindungi Kekayaan Intelektual Babel dari penyalahgunaan dan pemalsuan. (***)

  • Bagikan