Manfaat Positif Main Burung bagi Kesehatan Mental

  • Bagikan
Ilustrasi Burung

RAKYATSULSEL - Menghabiskan waktu lama dengan burung ternyata memiliki banyak manfaat salah satunya dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan mental.

Memiliki hobi sangatlah berpengaruh untuk membantu kita tetap aktif dan terhindar dari stres. Nah, salah satu hobi yang populer akhir-akhir ini adalah memelihara hewan.

Hewan seperti anjing dan kucing sering kali menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh banyak orang dan keluarga, namun tak jarang banyak kaum pria yang juga mempunyai hobi memelihara burung.

Dalam sebuah penelitian manfaat pelihara burung dipaparkan dengan kehadiran burung disekitar kita, mulai mendengar kicauannya hingga bermain dengan burung dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Selain itu ada beberapa manfaat lain memelihara burung yang baik untuk kesehatan mental, berikut penjelasannya.

  1. Interaksi Sosial

Dikutip dari The BMJ, memelihara burung mendorong interaksi sosial yang baik untuk kesehatan mentalmu.

Di sisi lain, anda juga dan membangun interaksi dengan pemilik hewan peliharaan lainnya, seperti orang-orang di forum pecinta burung atau di klub merpati lokal di kotamu.

  1. Mencegah dan Mengatasi Stress

Berbicara dan menghabiskan waktu dengan burung peliharaan dapat menjadi pelepas penat dan stres.Hal itu terjadi karena kicauan atau suara burung terasa sangat alami sehingga akan memberikan rasa tenang yang pada akhirnya juga dapat menurunkan tingkat stres kita.

  1. Mengembangkan Kemampuan Mentorik

Dijelaskan bahwa dalam proses memberi makan burung ada dampak positif yang bisa dirasakan oleh tubuh kita. Salah satunya adalah mengembangkan kemampuan motorik. Ini terjadi karena dalam proses pemberian makan burung, jari akan dilatih sehingga tidak kaku.

  1. Pertemanan

Studi telah menunjukkan bahwa pertemanan kamu dapatkan dari memelihara burung peliharaan, bisa berkontribusi pada kesehatan mental, hanya saja mereka tidak menjawab kamu kembali dan menghakimi kesalahanmu. (fjr/raksul)

  • Bagikan