Pileg 2024: Wajah Baru Bakal Hiasi DPRD Sulsel

  • Bagikan
Gedung DPRD Sulsel

Sedangkan, Direktur Politician Academy, Bonggas Chandra berpandangan bahwa, berkaca dari pemilu sebelumbya jika melihat peluang caleg petahana di semua tingkatan rawan.

"Saya pikir peluang hampir sama, karena memang peluang dari caleg baru besar. Karena petahana rawan untuk diserang, meskipun punya modal yang cukup," katanya.

Menurut Chandra, peluang keterpilihan figur baru  terbuka lebar pada Pileg 2024. Apalagi  tren petahana terpilih kembali cukup rendah, jika berkaca pesta demokrasi sebelumnya.

Kondisi itu, kata dia,  bisa dilihat di dua kali Pileg DPRD Sulsel terakhir. Di mana Pileg 2014 dari 85 petahana  hanya 28 orang  yang terpilih kembali atau cuma 32,9 persen saja.

"Kemudian Pileg  2019 meskipun  presentasinya naik,  tetapi angkanya masih  kecil, yakni hanya 33 petahana kembali terpilih dari 85 orang," jelasnya.

Bonggas Chandra membeberkan data tersebut mengatakan persestase ini merupakan terkecil jika dibandingkan provinsi lain di Sulsel (diluar wilayah ini).

"Nah di sini di bawah 50 persen, ada apa? Menarik di teliti. Kemungkinan petahana di Sulawesi Selatan tingkat Provinsi terpilih kembali kembali," tuturnya.

Dia menilai  ini terjadi karena beberapa hal. Antaranya, ketidakmampuan petahana menjaga konstituennya. Serta, mereka tidak bisa menunaikan janji politiknya.

  • Bagikan