Pileg 2024: Wajah Baru Bakal Hiasi DPRD Sulsel

  • Bagikan
Gedung DPRD Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Legislatif 2024 sepertinya tak berpihak bagi caleg yang berstatus incumbent. Banyak diantara mereka yang harus menelan pil pahit lantaran tak mampu mempertahankan kursi empuknya di parlemen.

Sejumlah wajah baru pun diproyeksi akan menghiasi gedung Wakil Rakyat untuk tingkat Provinsi di DPRD Sulsel. Hasil pemilu 14 Februari lalu, kini sudah bisa diprediksi berdasarkan hasil sementara versi real count KPU.

Dari data sementara, tercatat perebutan kursi DPRD Sulsel, dari 85 caleg di 2024, banyak wajah baru. Maklum saja, sebagian besar petahana tidak terpilih atau kalah saing dengan sejumlah figur waja baru di dapil masing-masing.

Sesuai Real Count KPU, dari 85 nama kuota kursi di DPRD Sulsel, terdapat 56 orang wajah baru. Sisanya 25 wajah lama bertahan.

Pakar politik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arif Wicaksono berpendapat bahwa dalam konstalasi perebutan kursi ada peluang dan tantangan. Para pemilih tentu akan melihat rekam jejak.

"Sehingga tak memandang figur baru atau lama. Apa sebenarnya yang terjadi sekarang adalah seleksi alam dalam kekuasaan. Dalam refrensi keseharian sebagai sirkulasi elit," ujarnya, Senin (26/2/2024).

Lanjut dia, hasil pileg 2024 saat ini nampaknya sedang berjalan dengan kemungkinan besar, tidak lagi mempertahankan orang-orang atau figur-figur  yang sama.

"Dan ini sangat bergantung kepada kemampuan figur lama dalam mempertahankan kekuasaannya. Juga  gembira bagi pendatang baru," tuturnya.

  • Bagikan