Disdik Tetapkan Jadwal Libur dan Kegiatan Ramadan bagi SMA/SMK Sederajat di Sulsel

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Pendidikan Sulsel telah menetapkan jadwal libur sekolah untuk siswa SMA sederajat di seluruh Sulsel selama bulan puasa tahun 2024.

Kabid Pembinaan SMA Disdik Sulsel, Harpansa, menjelaskan bahwa kebijakan libur sekolah untuk siswa SMA sederajat mengatur periode awal dan akhir bulan Ramadan.

"Kami telah mengeluarkan surat edaran yang menetapkan libur awal bulan Ramadan tahun 2024, mulai tanggal 12 hingga 13 Maret 2024," ujarnya pada Kamis (7/3/2024).

Selain penetapan libur, kegiatan selama bulan puasa juga diatur dalam surat edaran tersebut, termasuk pengajian selama empat hari.

"Ini bertujuan untuk membangun karakter peserta didik. Setiap Satuan Pendidikan SMA/SMK/SLB diharapkan melaksanakan Program Ramadan Mengaji selama 4 hari, mulai tanggal 14 hingga 17 Maret 2024, dengan pendampingan guru agama Islam di masing-masing sekolah," ungkapnya.

Harpansa menambahkan bahwa waktu efektif belajar siswa juga telah diatur mulai tanggal 14 Maret hingga 9 April 2024.

"Libur menjelang Hari Raya Idul Fitri juga sudah ditetapkan, yaitu dari tanggal 10 hingga 12 April 2024," lanjutnya.

Selain itu, surat edaran tersebut juga mencakup pengurangan waktu belajar setiap 10 menit untuk setiap jam pelajaran.

"Setiap sekolah diberi kewenangan untuk mengatur kegiatan selama bulan Ramadan sesuai dengan jadwal yang tercantum dalam surat edaran tersebut," tambahnya.

"Satuan Pendidikan diharapkan menyusun dan melaksanakan Program Pesantren Ramadan atau kegiatan keagamaan lainnya selama bulan suci Ramadan tahun 1445 H/2024 M," pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan