Kuasai 17 Kursi, NasDem Kunci Ketua DPRD Sulsel

  • Bagikan
Suasana Rapat Pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2024 tingkat Provinsi, yang digelar KPU Sulsel, di Hotel Claro Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel telah menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat provinsi. Bahkan perolehan kursi partai politik dan 85 caleg terpilih untuk periode 2024/2029 telah diketahui oleh publik.

Hasil rekapitulasi dan sinkronisasi di tingkat KPU Provinsi 2024 menunjukkan bahwa Partai NasDem keluar sebagai pemenang dengan memperoleh 17 kursi. Diikuti oleh Golkar dengan 14 kursi, Gerindra 13 kursi, serta PPP dan PKB masing-masing 8 kursi.

Selanjutnya, ada PKS dan Demokrat yang meraih 7 kursi, PDIP 6 kursi, dan PAN 4 kursi. Sementara Hanura hanya mendapatkan 1 kursi.

Bagaimana komposisi kursi pimpinan DPRD Sulsel 2024/2029? NasDem secara otomatis mendapat jatah Ketua DPRD, diikuti oleh Golkar (wakil ketua I) dan Gerindra (wakil ketua II). Kemudian, PPP dan PKB masing-masing mendapat perolehan yang sama, yakni 8 kursi. Dua partai tersebut memperebutkan posisi wakil ketua III dan IV.

Meskipun perolehan kursi sama, namun suara partai PPP lebih tinggi dibandingkan PKB di tingkat Provinsi, sehingga PPP berhak mendapat wakil Ketua III, sementara PKB mendapat posisi wakil Ketua IV atau posisi terakhir.

"Perolehan suara partai PKB dan PPP di tingkat Provinsi menunjukkan suara lebih tinggi untuk PPP," ujar singkat Kasubag Teknis KPU Sulsel, Muh Asri, saat dimintai tanggapan pada Rabu, 13 Maret 2024.

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel, Ahmad Adiwijaya, mengatakan bahwa proses rekapitulasi suara di tingkat provinsi telah selesai tanpa kendala.

"Alhamdulillah, kami pastikan rekapitulasi tingkat provinsi selesai tanpa masalah," ungkapnya.

  • Bagikan