Tiga Parpol Bakal Usung Kader Sendiri di Pilgub Sulsel, Berikut Figur yang Dijagokan

  • Bagikan
Kolase figur yang diprediksi akan meramaikan bursa Pilgub Sulsel 2024

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Adi Suryadi Culla menilai tiga partai peraih suara tertinggi itu diprediksi akan mengusung figur sendiri sebagai 01. Sebab, mereka juga punya punya nama-nama besar di internal partai.

Misalnya di Nasdem, dia menilai figur utamanya adalah Rusdi Masse Mappasessu (RMS). Sebab, selama ini dia menjadi simbol partai dan secara struktural, kekuatan kepartaian ada di tangannya.

”Figur lain juga ada, misalnya istrinya, Bu Fatma. Setelah menjadi wakil Wali Kota Makassar, saya rasa dia bisa naik kelas ke provinsi. Kalau dia mencalonkan sendiri, bisa disebut 100 persen mengusung 01,” katanya.

Begitu juga dengan Golkar, nama Nurdin Halid sudah lebih dulu tersohor dibanding yang lain. Sebab, dia adalah figur yang sudah pernah ikut kontestasi Pilgub Sulsel, sementara yang lain baru akan mencoba.

”Adnan juga bisa, tetapi selama ini kurang begitu kuat secara kelembagaan. Karena cenderung berada di wilayah abu-abu, namun dia tetap menjadi bagian karena masih kader. Apalagi saat Pilpres, dia dekat dengan KIM,” lanjutnya.

Selain dua nama tersebut, masih ada nama Taufan Pawe yang yang patut diperhitungkan. Sebab, dia memang punya unsur pendukung yang bisa menopang namanya baik di perhelatan Pilgub Sulsel, sekalipun gagal duduk di DPR RI.

  • Bagikan