Dharma Wanita Kemenkumham Babel Tampil dengan Tenun Cual di Fashion Show Ramadhan 1445 H

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenkumham Babel ikuti Bazar Ramadhan pada tanggal 1 s.d. 3 April 2024 di Graha Pengayoman Kemenkumham Jakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan dari Kantor Wilayah Kemenkumham serta UMKM dengan jumlah peserta sebanyak 92 stand.

Kegiatan tersebut mengambil tema "Jadikan Bulan Ramadhan sebagai Momentum Melatih Kesabaran Menggapai Ketaqwaan dan Mensyukuri Nikmatnya dengan Saling Berbagi".

Hadir Perwakilan dari DWP Kanwil Kemenkumham Babel dalam Bazar Ramadhan, Ny. Mastiana Muslim (Istri Kadiv Administrasi), Ny. Evi Kunrat (Istri Kadiv Pemasyakatan) dan Ny. Mike Fajar (Istri Kadivyankumham) yang memperkenalkan produk dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rangkaian Bazar Ramadhan diisi juga dengan kegiatan Fashion Show. Utusan dari Kanwil Babel adalah Ny. Mike Fajar yang tampil menggunakan pakaian dari Kain Cual yang merupakan tenun khas Bangka Belitung.

Motif kain cual yang dipakai didominasi flora dan fauna yang merupakan keberagaman kekayaan alam yang dimiliki Bangka Belitung, sehingga memiliki makna simbolik dan filosofi yang mendalam bagi pemakainya dan orang yang memandangnya.

Sedangkan Tas yang digunakan adalah hasil rajutan dari Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Perempuan Pangkalpinang.

Kakakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto mengapresiasi penampilan Fashion Show yang menggunakan Tenun Cual, karena Tenun Cual merupakan salah satu potensi indikasi geografis Bangka Belitung, yang sedang dalam proses identifikasi untuk didaftakan ke Ditjen Kekayaan Intelektual.

"Semoga penggunaan tas rajutan karya WBP Lapas Perempuan dalam tampilan tersebut akan memotivasi semangat WBP untuk berkarya lebih baik lagi," harap Kakanwil Harun. (***)

  • Bagikan