Memasuki Musim Hujan, Begini Upaya Kades Kadai Mare Bone Cegah Demam Berdarah

  • Bagikan
Pembagian brosur DBD oleh salah seorang kader Jumantik Desa Kadai.

BONE, RAKYATSULSEL - Penyakit Demam Berdarah atau biasa disebut DBD, rawan terjadi di musim hujan. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa upaya yang dilakukan, seperti selalu menguras bak mandi, mengupayakan tak ada genangan air, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan serta dengan penaburan bubuk abate.

Seperti yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Kadai, Kecamatan Mare Kabupaten Bone, Andi Hikmat Samad bersama TP PKK Desa Kadai, para kader jumantik dan kader kesehatan/posyandu, membagikan brosur terkait tata cara pencegahan dan bahaya penyakit demam berdarah, Kamis (4/4/2024).

"Kami bersama TP PKK, dan para kader mendatangi rumah warga dengan membagikan brosur tentang pencegahan dan bahaya penyakit demam berdarah," ujar Andi Hikmat Samad.

"Biasanya musim hujan begini, penyakit demam berdarah akan mudah menyerang. Maka kami mencoba melakukan pencegahan. Lebih baik mencegah daripada mengobati," ujarnya lagi.

Lanjutnya, selain membagikan brosur ke warga, dirinya bersama para masyarakat melakukan kerja bakti gotong royong membersihkan selokan agar tidak menjadi sarang nyamuk.

"Kami mengajak dan mengimbau warga untuk sama-sama memerangi atau mencegah penyakit demam berdarah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar," pungkasnya. (Enal)

  • Bagikan