Dokter Imbau Masyarakat Hindari Paparan Zat Asing Cegah Kanker Darah

  • Bagikan
ilustrasi.

RAKYATSULSEL –Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kariadi Semarang dr Budi Setiawan mengimbau masyarakat menghindari paparan zat asing. Hal itu guna mencegah risiko terjadinya penyakit kanker darah.

Dalam diskusi tentang kanker darah yang diikuti secara daring, Budi mengatakan, beberapa zat asing yang bisa terpapar di antaranya seperti benzena, asap rokok, hingga paparan radiasi seperti radiasi nuklir.

”Kalau paparannya sering, dia bisa mengubah sel darahnya menjadi sel ganas,” kata Budi Setiawan seperti dilansir dari Antara.

Paparan zat asing, lanjut Budi, juga dapat dihasilkan melalui makanan yang dikonsumsi. Makanan instan, makanan yang mengandung bahan pengawet, serta makanan yang dikemas dengan sterofoam memiliki zat karsinogen, yang dapat memicu terjadinya kanker.

”Zat karsinogen dari makanan itu kalau masuk ke tubuh manusia (akan) menumpuk dalam jangka waktu yang lama, itu juga bisa memicu atau menjadi faktor risiko terjadinya kanker,” terang Budi Setiawan.

Meskipun bukan menjadi penyebab utama, Budi menekankan faktor risiko tersebut dapat benar-benar menyebabkan seseorang terkena kanker darah. Terlebih jika seseorang memiliki kelainan sejak lahir pada sel yang terletak di sumsum tulang, yang menjadi tempat sel darah diproduksi.

Namun, dia menyebut, kanker darah bukan jenis penyakit yang diturunkan secara genetik. Masyarakat dianjurkan untuk menjaga kesehatan, dengan memperhatikan pola makan diri dan keluarga, serta aktivitas fisik guna mencegah terjadinya kanker darah.

  • Bagikan