Radang Tenggorokan? Berikut Nutrisi Sehat untuk Atasi Ketidaknyamanan 

  • Bagikan
Ilustrasi Sup Ayam Sebagai Salah Satu Menu Atasi Radang Tenggorokan

RAKYATSULSEL - Radang tenggorokan atau faringitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi akibat infeksi dan diperberat dengan pola hidup yang tidak sehat. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh virus, seperti influenza, rhinovirus, coronavirus, dan epstein-barr. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh bakteri golongan streptococcus.

Gejala radang tenggorokan yang biasa terjadi yaitu adanya rasa sakit dan gatal di tenggorokan, nyeri saat menelan dan berbicara, tenggorokan berwarna kemerahan, kering, suara serak, dan juga batuk disertai dengan demam.

Ketika mengalami radang tenggorokan, ketika sedang makan akan terasa tidak nyaman saat menelan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan apa saja menu makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat sedang mengalami radang tenggorokan.

Dilansir dari kanal YouTube Halodoc, berikut merupakan beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan diantaranya yaitu:

  1. Bubur kaldu
    Bubur kaldu adalah pilihan makanan yang cocok untuk penderita radang tenggorokan karena memiliki tekstur yang lembut dan kaldu yang hangat dapat membantu meredakan gejala serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk pemulihan radang tenggorokan.
  2. Sup Ayam
    Sup yang hangat dapat memberikan kelegaan pada tenggorokan yang teriritasi. Selain itu, sup juga dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung potongan daging ayam, sayur wortel, dan kentang.
  3. Sayur bayam
    Kandungan nutrisi yang tinggi, kandungan air yang tinggi, kandungan antiinflamasi, dan teksturnya yang lembut membuat bayam menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita radang tenggorokan karena kandungan yang dimilikinya bermanfaat untuk membantu mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan.
  4. Mashed potato
    Mashed potato adalah pilihan makanan yang baik untuk penderita radang tenggorokan karena teksturnya yang lembut dan mudah ditelan, serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan.
  5. Smoothie buah-buahan dingin
    Smoothie buah-buahan dingin yang halus dan mudah ditelan juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi radang tenggorokan. Buah-buahan seperti pisang, mangga, atau alpukat dapat memberikan nutrisi penting dan memberikan sensasi menyegarkan pada tenggorokan.

Selain itu, mengonsumsi permen pelega tenggorokan juga disarankan untuk dikonsumsi agar dapat membantu melegakan tenggorokan. Serta jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air dapat membantu kelembaban pada tenggorokan dan memfasilitasi proses penyembuhan.

Agar proses penyembuhan berjalan lancar hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin, makanan bertekstur keras dan renyah, makanan pedas, makanan asam, makanan asin, alkohol, dan juga rokok.

Makanan yang tepat dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat proses pemulihan bagi penderita radang tenggorokan. Memilih makanan yang lembut, hangat, dan mudah ditelan sangat penting dilakukan, serta pastikan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Jika gejala radang tenggorokan berlanjut atau memburuk, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. (jp/raksul)

  • Bagikan