Sejuta Manfaat: Berikut Rahasia Madu untuk Kecantikan

  • Bagikan
Ilustrasi Madu

RAKYATSULSEL - Madu merupakan cairan kental berwarna coklat keemasan yang lengket dan mempunyai rasa manis, cairan ini dihasilkan dan disimpan oleh lebah dalam sarangnya.

Kandungan dalam 100 gram madu, dilansir dari laman nilaigizi.com terdapat 294 kkal, karbohidrat 79,50 gram, protein 0,30 gram, natrium 6 gram, vitamin B2 0,04 mg, vitamin B3 0,10 mg dan vitamin C 4 mg.

Madu tidak hanya enak dikonsumsi dan baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa digunakan sebagai masker wajah karena terdapat zat pada madu yang mampu menjaga kesehatan kulit wajah.

Membuat masker madu dapat dilakukan dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dengan air hangat. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Usahakan memilih madu murni asli yang tidak dicampur dengan pengawet atau bahan kimia sintetis.

Berikut manfaat madu untuk kesehatan kulit wajah dikutip dari laman Siloam Hospitals, Senin (22/4):

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Masker madu apabila digunakan secara rutin dapat mencerahkan kulit dan membuat wajah lebih bersinar. Masker madu mengandung vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu proses regenerasi sel kulit. Selain itu, masker madu juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk eksfoliasi wajah sehingga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit tampak kusam.

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Masker madu mengandung enzim glucose oxidase yang bersifat antibakteri serta asam fenolat dan flavonoid yang bersifat antiinflamasi, sehingga penggunaan masker madu dapat membantu mengatasi jerawat pada wajah. Selain itu, penggunaan masker madu secara rutin juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih yang memicu penyumbatan pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

  1. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Madu dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya, sehingga dapat menangkal radikal bebas berlebih yang dapat memicu tanda-tanda penuaan dini.

Gunakan madu yang memiliki warna gelap untuk masker karena kandungan mineral dan antioksidan lebih banyak, sehingga dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas secara optimal.

  1. Melembapkan Kulit

Masker madu mampu menjaga dan mengoptimalkan kelembaban alami kulit, sebab madu mengandung gliserin yang berperan sebagai humektan, yaitu senyawa yang berfungsi untuk menarik air dari lingkungan dan mengumpulkannya pada lapisan kulit terluar.

  1. Membantu Mengatasi Penyakit Eksim

Senyawa yang bersifat antiinflamasi yang terkandung pada madu dapat digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit akibat penyakit eksim. Namun, pastikan untuk memilih madu murni yang belum dipasteurisasi, untuk menghindari hilangnya kandungan nutrisi akibat proses pengolahan.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Manfaat menggunakan masker madu yang tak kalah penting adalah mengurangi risiko terjadinya kanker kulit. Madu mempunyai senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker akibat paparan radikal bebas. Selain itu, madu juga mempunyai efek antiinflamasi yang berfungsi untuk mengatasi peradangan dalam tubuh yang mempengaruhi perkembangan sel kanker.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Madu mempunyai kandungan antibakteri yang tinggi sehingga mampu melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Masker madu juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah. (jp/raksul)

  • Bagikan