Peringati HBP ke-60, Rutan Pinrang Gelar Upacara

  • Bagikan
Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, di Rutan Kelas llB Pinrang, Sabtu (27/4).

PINRANG, RAKYATSULSEL - Puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rutan Kelas llB Pinrang gelar Upacara,bertempat di Lapangan Serbaguna Rutan Pinrang, Sabtu (27/4).

Dipimpin oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Andy Prajakarana dan dihadiri oleh para Pejabat Struktural, Komandan Jaga, Staff, Petugas Penjagaan, Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan seluruh Warga Binaan Pemasyarakataan Rutan Pinrang Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Saat pembacaan amanat oleh Inspektur Upacara, Andy Prajakarana membacakan sambutan seragam dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI , Yasonna H. Laoly, menyampaikan, agar apa yang dicita-citakan oleh founding fathers, sampai saat ini istiqamah dikawal untuk mencapai tujuan luhur "Beringin Pengayoman".

"Pada konfrensi Lembang tahun 1964, Presiden Ir. Soekarno berpesan bahwa Pemasyarakatan adalah tools nation building dan character building yang mana bahwa sistem Pemasyarakatan dituntut untuk mampu membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum agar menjadi pribadi yang lebih baik," jelas, Andy Prajakarana, Kasubsi Yantah Rutan Pinrang.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan, Insan Pemasyarakatan patut bersyukur dan berbahagia, bahwa Undang-Undang Pemasyarakatan memandatkan pelaksanaan sistem Pemasyarakatan berdasarkan asas pengayoman, non diskriminasi, kemanusiaan, gotong-royong, kemandirian, proporsionalitas.

Hal ini, sambungnya, sesuai dengan way of life bangsa kita yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perbuatan yang merendahkan derajat martabat manusia.

  • Bagikan