Begadang Bikin Kurang Produktif? Yuk Terapkan Pola Tidur Sehat

  • Bagikan

RAKYATSULSEL. CO - Keseringan tidur kerap dianggap oleh masyarakat sebagai kegiatan yang tidak produktif. Padahal jika kamu memiliki waktu tidur yang cukup, akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya mereka yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Terkadang kita juga perlu memperhatikan kesehatan tubuh mulai dari memaksimalkan waktu tidur.

Memiliki pola tidur yang baik akan membuat tubuhmu terhindar dari penyakit seperti stres, hingga penyakit jantung. Selain itu juga kamu akan merasa lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Efek Samping Kurang Tidur

Jika kamu setiap harinya tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, anda mungkin bisa menjadi pelupa atau mudah tersinggung. Hal ini juga berpengaruh dalam jangka panjang kesehatan tubuhmu.

Tubuh kamu mungkin akan merasakan gejala depresi, tekanan darah tinggi, diabetes atau bahkan penyakit jantung akibat tidak memiliki waktu yang ideal untuk tidur setiap harinya.

Idealnya, setiap orang berpikir untuk cepat tertidur dan mampu bangun pada dini hari. Waktu yang tepat adalah tergantung kamu ingin bangun jam berapa di pagi harinya. Pertimbangannya adalah berapa jam yang kamu butuhkan tiap malam untuk tidur.

Orang dewasa direkomendasikan untuk memiliki waktu tidur 7 jam setiap malamnya. Dilansir dari Verywellhealth, terdapat daftar waktu terbaik untuk tidur menurut kategori usia setiap orang.

A. Bayi baru lahir usia 0 sampai 3 bulan, rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 14 hingga 17 jam termasuk tidur siang.

B. Bayi usia 4 sampai 11 bulan, rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 12 hingga 15 jam termasuk tidur siang.

C. Balita usia 12 sampai 35 bulan, rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 11 hingga 14 jam termasuk tidur siang.

D. Anak-anak usia 3 sampai 5 tahun, rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 10 hingga 13 jam per hari.

E. Anak usia sekolah 6 sampai 13 tahun, rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 11 jam per hari.

F. Remaja usia 14 sampai 17 tahun, membutuhkan waktu rata-rata tidur sekitar 10 jam per hari.

G. Orang Dewasa usia 18 sampai 25 tahun, membutuhkan waktu rata-rata tidur sekitar 7 hingga 9 jam.

H. Dewasa usia 26 sampai 64 tahun, membutuhkan waktu rata-rata tidur sekitar 9 jam.

I. Orang tua usia 65 keatas membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam per harinya.Perbandingan waktu tidur juga bisa bergantung pada kebutuhan dan kesibukan yang dimiliki setiap orang. Karena itu, pertimbangan usia juga menentukan kapan dan berapa lama tubuhmu harus tidur agar optimal dan badan lebih sehat. (jp/raksul)

  • Bagikan