Rahasia Kesehatan Kehamilan dengan Konsumsi Buah Kesemek

  • Bagikan
Ilustrasi Buah Kesemek

RAKYATSULSEL - Pola makan yang seimbang sangat penting untuk Ibu hamil agar tetap dalam keadaan sehat. Bagi ibu hamil, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral adalah kunci untuk memastikan bayi dapat menerima nutrisi yang dibutuhkan.

Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi, seperti makanan mentah maupun makanan setengah mentah. Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang hamil.

Buah dengan bau menyengat seperti durian dan buah dengan rasa asam sebaiknya dihindari. Lalu apakah buah kesemek boleh dikonsumsi saat sedang hamil?

Buah kesemek atau persimmon fruit merupakan buah yang berasal dari Tiongkok yang telah di taman sejak ribuan tahun yang lalu kemudian menyebar ke negara Asia termasuk Indonesia. Buah ini berbentuk bulat dan berwarna kuning-orange hingga orange kemerahan.

Buah kesemek memiliki rasa yang cukup manis dengan tekstur lembek ketika matang. Buah kesemek bisa langsung dikonsumsi ketika matang, dikeringkan atau diolah terlebih dahulu.

Dilansir dari kanal YouTube Dokter Fery TV, buah kesemek mempunyai kandungan vitamin A, B6, B12, C dan D, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, betakaroten dan kandungan lainnya. Serta mengandung antioksidan lutein, zeaxanthin, fisetin, tanin dan flavonoid.

Berikut manfaat buah kesemek bagi ibu hamil dilansir dari laman halodoc, Minggu (28/4):

  1. Menunjang Pertumbuhan Janin

Mengonsumsi buah kesemek selama kehamilan membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tulang janin karena mengandung kalsium dan fosfor. Buah kesemek juga membantu meningkatkan kelancaran fungsi sistem saraf pusat janin.

  1. Membantu Mengobati Anemia

Buah kesemek mempunyai kandungan zat besi yang membantu mencegah risiko anemia selama kehamilan. Buah ini apabila dikonsumsi selama masa kehamilan akan meningkatkan jumlah hemoglobin yang mampu mencegah kelelahan dan pusing yang merupakan efek dari anemia.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kesemek mengandung vitamin A dan karoten yang mampu membantu menguatkan penglihatan dan otot jantung serta meningkatkan kelancaran berbagai proses tubuh.

Selain itu mengonsumsi buah kesemek selama kehamilan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu secara substansial. Kandungan vitamin C dalam buah kesemek juga meningkatkan imun ibu hamil secara substansial.

  1. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Salah satu masalah kesehatan yang sangat rentan terjadi pada ibu hamil adalah hipertensi, mengonsumsi buah kesemek dipercaya efektif dalam mengendalikan tekanan darah.

Buah kesemek juga mampu menurunkan tekanan darah ketika hamil karena kandungan magnesium dalam buah ini, sehingga mendukung kehamilan ibu dan janin tetap sehat.

  1. Membantu Mengatasi Stres dan Insomnia

Ketika hamil tentunya merasakan beberapa perubahan, seperti di awal kehamilan mungkin merasakan mual.

Saat hendak melahirkan mungkin merasakan cemas karena membayangkan proses persalinan, sehingga kerap membuat stress dan akhirnya menjadi susah tidur.

Kandungan vitamin C dalam buah kesemek sangat efektif untuk mengurangi kecemasan, stres, depresi dan insomnia. Buah kesemek juga dapat membantu agar ibu hamil mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.

Mengonsumsi buah kesemek ketika sedang hamil tidak menjadi hal yang dilarang. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi buah kesemek karena manfaat yang berguna untuk ibu dan janin dalam kandungan.

Sebaiknya konsultasikan lebih dahulu pada dokter kandungan Anda takaran buah kesemek yang tepat untuk dikonsumsi dan tetap pantau kondisi kehamilan dengan pemeriksaan bulanan. (jp/raksul)

  • Bagikan