Hidupkan UMKM, TQ Gelar Temu Pelaku Usaha di 22 Kelurahan

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Melalui kegiatan Temu Usaha Mikro Kecil (UMK), Calon Wali Kota Parepare, Taqyuddin Djabbar (TQ), menyemangati seluruh pelaku UMK yang tersebar di 22 kelurahan, pada empat kecamatan yang ada di Parepare. Temu UMK yang diinisiasi Wakil Ketua Dewan PembinaKamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut, untuk membangkitkan semangat UMK, sebagao roh ekonomi khususnya di Parepare.

Menurut TQ, meski tidak memiliki lahan pertanian, lambak atau tambang seluas daerah lainnya, namun letak Parepare yang berada dalam kawasan Selat Makassar yang menghubungkan jalur lalu lintas transportasi, dan perdagangan laut dari Jawa, Makassar, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Maluku di bagian utara Nusantara, menjadikan kota tersebut barada di wilayah paling strategis dibanding daerah lainnya.

Parepare, kata TQ, adalah kota indah, yang memiliki keunggulan kompratif dan natural resources (sumber daya alam), sebagai kota yang layak secara ekonomi. Untuk itu, kata dia, Parepare harus menjadi kota layanan 24 jam. "Bukan sebatas kota transit. Parepare harus memiliki daya tarik yang lebih berkualitas, sehingga bisa menarik minat dan keinginan masyarakat dari luar, atau wisatawan, agar lebih betah lama di Parepare, yang tidak sebatas melintas atau mampir. Dengan begitu, perputaran uang di Parepare juga akan lebih besar," TQ memaparkan.

Menurut Ketua IKA Unhas Parepare ini, sektor UMK harus menjadi prioritas yang mendapat perhatian di Parepare. Karena, kata dia, 52% masyarakat Parepare merupakan pelaku UMK. "Melalui Temu UMK kita berharap, ada semangat kewirausahaan agar lebih menggeliat, karena ekonomi Parepare tergantung pada UMK. Dan jika itu disinergikan dengan program pemerintah, tentu akan lebih baik ke depannya. Karena tidak ada cara lain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, kecuali dengan memperbaiki UMK. Dan pada waktunya disaat mendapat kesempatan yang lebih besar, itu yang akan kami lakukan untuk Parepare," ujarnya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memperkuat UMK di Parepare, kata TQ lagi, dengan melakukan perbaikan invetasi. Pemerintah, kata dia, harus rajin menarik investasi masuk ke Parepare. "Karena usaha mikro dan kecil, sangat bergantung pada jumlah uang yang beredar. Semakin banyak uang yang beredar, maka daya beli masyarakat akan lebih baik. Dan itu berdampak pada peningkatan UMK," tegasnya.

Sementara Jamal, salah satu warga yang menjadi peserta Temu UMK mengaku, lebih memahami terkait UMK setelah mendapat penjabaran yang dipaparkan TQ. Melalui sesi interaktif yang menjadi rangkaian kegiatan Temu UMK, kata Jamal, pelaku UMK seperti dirinya akhirnya bisa mengetahui, pentingnya kekuatan managemen dalam menjalankan usaha agar lebih bisa kuat dan berkembang dari usaha makro ke usaha kecil. "Kita berharap, ilmu-ilmu pengembangan usaha yang disiarkan TQ melalui kegiatan kemasyarakatan seperti Temu UMK, bisa berkelanjutkan. Agar semangat UMK di Parepare semakin menguat," tandasnya.(*)

  • Bagikan