Wujudkan Citra Positif Organisasi, Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Webinar Pembinaan dan Koordinasi Humas Hukum dan Kerjasama

  • Bagikan
Webinar “Pembinaan dan Koordinasi Humas, Hukum, dan Kerjasama” yang digelar oleh Kanwil Kemenkumham Papua bekerjasama dengan Biro Humas Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal (Biro Hukerma Setjen) secara virtual, Jumat (02/08).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Dalam rangka mengoptimalkan peran kehumasan dalam sebuah instansi di dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang prima, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti webinar “Pembinaan dan Koordinasi Humas, Hukum, dan Kerjasama” yang digelar oleh Kanwil Kemenkumham Papua bekerjasama dengan Biro Humas Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal (Biro Hukerma Setjen) secara virtual, Jumat (02/08).

Kepala Biro Hukerma Setjen, Hantor Situmorang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari webinar ini adalah untuk memberikan pembinaan dan penguatan atas fungsi Advokasi Hukum, Kehumasan, Kerja Sama Dalam Negeri, dan Kerja Sama Luar Negeri kepada pegawai Kanwil dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang melaksanakan fungsi tersebut.

Lebih lanjut Hantor mengatakan Kehumasan meliputi beberapa hal yang saling berkaitan diantara lain Administrasi, Managemen, Komunikasi, dan Humas.

“Oleh karena itu, peran dari Tim Humas di masing-masing kanwil dan UPT agar dioptimalkan untuk bisa kreatif guna mengglorifikasikan setiap berita/konten yang positif di kanwil dan UPT-nya masing-masing serta bagaimana menyusun strategi sebuah cerita/berita menjadi sebuah citra positif di masyarakat. Selain itu, peran kehumasan sangat penting untuk meningkatkan citra positif dan bagaiamana mengkomunikasikannya kepada publik penerima layananan, serta menjalin sinergi dengan awak media dan stakeholder agar ada Keterbukaan Informasi Publik,” jelas Hantor.

Lanjut Hantor, Tim Humas juga dituntut untuk menyusun strategi dalam menginformasikan dan mengkomunikasikan dengan baik kepada internal maupun eksternal.

“Peran Kehumasan sangat optimal untuk memberikan informasi bahwa dengan adanya kegiatan layanan, kita bisa memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat secara langsung serta peningkatan kualitas dan citra positif instansi di masyarakat. Dalam hal ini bagaimana sebuah ‘Cerita’ menjadi ‘Citra’,” pinta Hantor.

  • Bagikan