Mobil Bergetar Saat Di Kendarai, Ini 5 Cara Untuk Mengatasinya

  • Bagikan
Cara mendeteksi mobil yang bergetar saat dikemudikan.

RAKYATSULSEL - Keselamatan dan kenyamanan pada saat berkendara tentu menjadi dambaan bagi pengguna mobil. Jika terdapat getaran yang timbul pada saat mobil berjalan, tentu saja akan membuat pengemudi dan juga penumpang kendaraan menjadi tidak nyaman.
Getaran yang timbul pada saat mobil berjalan ini tentu saja tak bisa dianggap hal yang lumrah. Munculnya getaran ini bisa menjadi sebuah indikasi awal adanya ketidakberesan yang terjadi pada mobil yang Anda kendarai tersebut. Anda tentu harus mencari cara mengatasi mobil yang getar saat berjalan ini agar mobil Ada nyaman kembali.

Terdapat berbagai macam hal yang menjadi penyebab mobil bergetar saat berjalan yang biasanya umum dialami oleh sebuah mobil. Kondisi ini biasanya akan lebih sering ditemukan pada mobil dengan usia pakai yang sudah lebih dari 5 tahun, hal ini lantaran beberapa part sudah memerlukan peremajaan.

Dilansir dari laman Daihatsu, mobil bergetar ini bisa disebabkan oleh hal yang sepele, seperti ban yang sudah mulai aus hingga disebabkan oleh hal yang berat, sebut saja rusaknya engine mounting atau kerusakan pada shockbreaker mobil Anda. Tentu saja hal ini tidak bisa Anda anggap remeh jika tak ingin mobil kesayangan Anda akan mengalami kerusakan yang semakin parah.

Agar kenyamanan mobil Anda bisa kembali seperti sedia kala, berikut ini cara mengatasi mobil yang getar saat berjalan.

  1. Mengganti ban dengan yang baru
    Cara mengatasi mobil yang getar saat berjalan yang pertama adalah dengan melakukan pergantian pada ban. Seperti yang diketahui bersama, ban sendiri memegang peranan penting pada kenyamanan sebuah kendaraan.

Ban yang sudah mengalami kerusakan, seperti aus, benjol, atau tidak simetris lagi akan membuat mobil Anda tidak bisa menapak dengan sempurna. Kerusakan pada ban ini ditandai dengan setir yang berguncang dan juga bergetar pada saat dilakukan pengereman atau pada saat berada pada kecepatan tinggi.

  1. Memeriksa kondisi busi
    Penyebab mobil bergetar berikutnya adalah terjadinya kerusakan pada busi. Busi sendiri bertugas untuk menyuplai percikan api yang dibutuhkan pada proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin mobil.

Jika salah satu busi mobil ini mengalami kerusakan atau sampai mati, maka kinerja mesin akan bermasalah. Hal ini ditandai dengan suara mesin yang pincang dan tenaga yang loyo. Kurangnya tenaga inilah yang membuat mobil bergetar saat berjalan. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti busi yang rusak dengan yang baru.

  1. Membersihkan kampas kopling
    Cara mengatasi mobil yang getar saat berjalan berikutnya adalah membersihkan kampas kopling. Kehabisan kampas kopling ini ditengarai juga menjadi penyebab mobil bergetar, terutama pada saat dilakukan perpindahan kecepatan. Tidak ratanya permukaan flywheel ini akan membuat kinerja kopling tak maksimal.

Jika kampas kopling masih tebal, Anda bisa mengamplasnya agar permukaannya rata kembali. Namun jika kampas kopling ini sudah habis, maka Ada harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Mengganti shockbreaker
    Shockbreaker memiliki peran yang sangat penting pada sebuah kendaraan, yakni untuk meminimalisir setiap getaran yang ditimbulkan pada saat mobil tengah berjalan. Jika bagian ini rusak, maka sudah bisa dipastikan mobil Anda akan mengalami guncangan yang hebat, terutama pada saat berjalan di permukaan yang tidak rata.

Jika shockbreaker ini rusak ringan, maka getaran ini akan timbul pada saat mobil dipacu dengan kecepatan yang tinggi. Jika demikian, mungkin shockbreaker Anda masih bisa diperbaiki. Namun jika getaran muncul pada saat mobil berjalan pelan, maka hampir pasti shockbreaker Anda mengalami kerusakan yang parah, solusinya dan harus diganti.

  1. Mengganti engine mounting
    Cara mengatasi mobil yang getar pada saat berjalan terakhir adalah dengan mengganti engine mounting. Engine mounting adalah sebuah komponen pada mobil yang memiliki tugas meredam getaran yang timbul dari mesin agar tidak merembet hingga ke dalam kabin mobil.

Terdapat dua jenis engine mounting, yakni yang berbentuk tabung hidrolik dan yang terbuat dari plat baja dengan karet yang berada di dalamnya. Meski tergolong slow moving parts, namun tetap saja engine mounting ini perlu dilakukan pergantian.

Itulah 5 cara mengatasi mobil yang getar pada saat berjalan yang bisa Anda jadikan rujukan. Sebelum Anda melakukan pergantian, maka lebih dahulu Anda harus mengetahui sumber getaran dari mobil tersebut.

  • Bagikan