Festival Rebus Makassar Digelar Setiap Pekan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Festival Rebus Makassar yang berlangsung mulai Minggu (27/3/2022) kemarin, yang digagas Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, rencananya akan digelar tiap pekan.

Seluruh SKPD dan masyarakat Kota Makassar pun diminta untuk bisa ikut terlibat dalam kegiatan bahan makanan, seperti memasak pisang, jagung dan umbi-umbian di rumah masing-masing.

Dalam festival ini, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramadhan Pomanto juga turut terlibat dengan turun langsung ke dapur rumahnya, di Jalan Amirullah, untuk merebus.

“Dulu itu orang tua kita suka sekali rebus makanan seperti ini. Rasanya juga enak terus mengenyangkan. Sehatnya dapat dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak,” ucap Danny Pomanto sembari memasak.

Danny mengatakan semarak festival rebusan ini juga dapat meningkatkan ajang silaturahmi di sekitar rumah.

“Kita awali dulu hari ini dengan serentak merebus makanan pangan lalu di bagikan ke tetangga-tetangga. Jadi kita sehat sama-sama,bisa juga kita memperpanjang usia dengan jalan silaturahmi,” sebut Danny.

Rencananya festival rebus Makassar ini akan terus berlanjut dan akan menjadi agenda Pemerintah Kota Makassar dimana ke depannya seluruh kegiatan Pemkot akan menyajikan sajian rebusan untuk menjadikan masyarakat hidup lebih sehat.

Tidak hanya itu, Festival Rebus ini juga merupakan langkah lain dama mensiasati kelangkaan dan melambungnya harga minyak goreng di pasaran.

“Hanya dua cara itu yang bisa di tempuh. Tapi kalau stok di tambah kondisinya sekarang masih tidak memungkinkan. Jadi alternatif harus segera di pikirkan agar hidup dapat berlanjut, caranya ya dengan rebus makanan”, terangnya.

“Jangan panik dengan kondisi yang ada. Harus segera ambil tindakan itu yang perlu. Kalau menu makanan rebus sehari atau dua hari saja dalam sepekan bisa kita lakukan maka secara tidak langsung akan menghemat penggunaan minyak di dapur,” sambungnya.

Selain itu, merebus kata Danny Pomanto adalah langkah awal untuk memulai Makassar sehat. Menjaga kesehatan dan memperhatikan kandungan gizi yang terkandung dalam rebusan makanan dinilai dapat memberikan kesehatan. (*)

  • Bagikan