MPII Siap Bersinergi BAZNAS Sulsel Sukseskan Program Zakat

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Pimpinan Wilayah Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) Sulawesi Selatan bersilaturahim dengan pimpinan Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Sulawesi Selatan di kantornya Jl. Masjid Raya Makassar, Kompleks Masjid Al Markaz, Selasa (12/07/2022).

Silaturahim tersebut dihadiri sejumlah pengurus MPII Sulsel dan para Komisioner BAZNAS Sulsel yakni Ketua BAZNAS Muhammad Khidri Alwi dan Wakil Ketua yaitu, M Irfan Sanusi, Muhammad Ishaq Shamad, Kamaruddin, dan Abdul Aziz Bennu.

Ketua MPII Sulsel, Akbar Hadi, mengungkapkan kehadiran organisasi yang menghimpun aktivis pemuda dari latar belakang berbagai organisasi Islam itu untuk menjalin sinergitas program yang terkait dengan keagamaan dan keummatan yang merupakan salah satu fokus program MPII.

"Sejak resmi terbentuk pada akhir Februari 2022 lalu, MPII Sulsel sesuai arahan pimpinan pusat diminta untuk menguatkan sinergitas dengan pemerintah dan stakeholder yang ada di Sulsel, salah satunya adalah BAZNAS Sulsel," ujar Ahad, sapaan Akbar Hadi.

BAZNAS Sulsel, kata Ahad, selama ini sangat fokus pada kegiatan sosial kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat dhuafa karenanya tentu perlu didukung dan dikawal programnya oleh masyarakat.

"Tentunya melalui silaturahim ini kami berharap dapat terjalin kemitraan yang bisa saling menguatkan program keummatan yang bernilai positif," tutur mantan Pengurus GP Ansor Makassar ini.

Ketua BAZNAS Sulsel, Muhammad Khidri Alwi, mengungkapkan apresiasinya atas kehadiran MPII Sulsel. Ia mengatakan BAZNAS saat ini membutuhkan dukungan dari masyarakat terutama kalangan pemuda untuk bisa memberikan kesadaran masyarakat terutama terkait dengan pentingnya zakat, infaq, dan sedekah.

"Di era milenial ini tentu dibutuhkan kontribusi yang nyata dari kaum muda untuk menyukseskan program zakat, dan kita harap MPII Sulsel bisa mengisi hal itu," kata Khidri.

Wakil Ketua Muhammad Ishaq Samad, menambahkan saat ini BAZNAS Sulsel memiliki beberapa program di antaranya Dai Zakat, program Z-Mart untuk UMKM, program bantu petani dan bina ternak.

"Kami berupaya bagaimana program BAZNAS Sulsel ini betul-betul dirasakan oleh masyarakat, tentunya butuh dukungan dari elemen masyarakat," ucap Ishaq.

Majelis Pemuda Islam Indonesia secara resmi dideklarasikan pada hari Jum’at, 21 Agustus 2015 jam 14.00 bertempat di Gedung Buya Hamka, lantai 4, Kantor Pusat Majelis Ulama Indonesia. Jalan Proklamasi N0. 51 Menteng Jakarta Pusat oleh perwakilan Organisasi Kepemudaan Islam yang terdiri dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Syarikat Islam, Persis, Al-Irsyad, Mathlaul Anwar, Al-Washliyah, ICMI, Dewan Masjid Indonesia dan lain-lainnya

Cita-cita luhur MPII adalah ingin menjadi wadah dan tenda besar bagi organisasi kepemudaan berbasis Islam di Indonesia dengan tidak terjebak pada perbedaan ideologi, nilai perjuangan organisasi dan atribusi artifisial lainnya yang dalam kadar tertentu dapat menutup peluang untuk sekadar bertemu, menyapa, berdialog dan bahkan bersinergi untuk kepentingan bangsa dan negara yang lebih besar. (*)

  • Bagikan