Gowa Satu-Satunya Kabupaten di Sulsel Masuk Proklim KLHK

  • Bagikan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Berbincang dengan Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup di Kantor Bupati Gowa, Senin (1/8)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kabupaten Gowa menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Selatan yang telah lolos seleksi administrasi dalam Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari.

Pada program ini daerah yang masuk dalam Program Kampung Iklim ini memiliki empat tingkatan, antara lain, pratama, madya, utama dan lestari.

Lolosnya Gowa masuk dalam seleksi administrasi ini dibuktikan dengan hadirnya Tim Verifikator Lapangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Kabupaten Gowa.

Kehadiran Tim Verifikasi ini disambut hangat oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis di Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (1/8/2022).

Bupati Gowa menyampaikan rasa syukur dan terimakasih karena Kabupaten Gowa telah diberikan kepercayaan masuk nominasi dalam Proklim Lestari. Meski menyadari bahwa persoalan perubahan iklim ini masih kurang familiar di masyarakat.

Bahkan, mungkin nanti di lapangan ditemukan daerah yang melaksanakan program inipun ada masyarakatnya yang tidak mengetahui dengan isu perubahan iklim ini.

"Saya senang lewat Proklim ini Pemkab Gowa nanti bisa mengetahui apa-apa saja yang menjadi kelemahan, dan dievaluasi dengan upaya-upaya teknis bisa diperbaiki, termasuk merubah pola pikir masyarakat untuk lebih peduli terhadap perubahan iklim," katanya.

Isu terkait perubahan iklim penting untuk terus dikampanyekan bersama. Sehingga nantinya apabila ada perubahan iklim masyarakat sudah mengantisipasi apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan pada permasalahan perubahan iklim.

"Dari beberapa jurnal yang saya baca 54 persen Indonesia itu sudah memasuki musim kemarau. Tapi dari 100 persen wilayah Indonesia 87 persen itu diprediksi akan mengalami kemarau panjang oleh BMKG. Ini berarti bahwa stok pangan akan berbahaya karena beberapa daerah akan mengalami kekeringan," ungkap Adnan.

Sementara, Ketua Tim Verifikator, Muh Kundarto menyampaikan bahwa kunjungannya ke Kabupaten Gowa adalah untuk melakukan verifikasi calon Proklim Lestari dengan cara mengecek secara langsung apakah data-data yang telah dimasukkan dan diusulkan sesuai dengan fakta-fakta di lapangan.

  • Bagikan