Lestarikan Permainan Asli Rakyat Indonesia, Pemprov Sulsel Gelar Gebyar Olahraga Tradisional

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat mengikuti lomba tarik tambang melawan Diskominfo Sulsel pada Gebyar Olahraga Tradisional, Rabu (26/10). (A/Sasa)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman membuka secara langsung Gebyar Olahraga Tradisional yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (26/10).

Kegiatan ini dilaksanakan masih dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sulsel ke 353 Tahun. Sebanyak 53 OPD dan rumah sakit lingkup Sulsel berpatisipasi.

Adapun olahraga tradisional yang dipertandingkan dalam kegiatan ini yakni cabang olahraga, terompah, hadang (asing-asing), tarik tambang, lari karung.

Andi Sudirman menyebut kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentu upaya pelestarian olahrga-olahraga tradisional yang merupakan bagian dari permainan asli rakyat dalam aset budaya bangsa.

"Sangat baik, tentu kemudian bagaimana melestarikan olahraga-olahraga tradisional. Kami mau pertandingan pertandingan-pertandingan ini jangan menjadi hal yang dilupakan," ujarnya, usai membuka Gebyar Olahraga Tradisional.

Lanjut, Ia juga menyebut dengan adanya Gebyar Olahraga Tradisional ini dapat mengembalikan nostalgia para peserta saat masih kecil.

"Tapi Kami mau bagaimana mengembalikan di masyarakat, ini mengingatkan memori-memori kita punya olahraga yang seharusnya bisa dipentaskan dipertandingan-pertandingan," tutupnya.

  • Bagikan