Wabup Pinrang Hadiri Pertemuan Desiminasi Hasil Pengukuran dan Publikasi Data Stunting.

  • Bagikan

PINRANG, RAKYATSULSEL -  Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pinrang melaksanakan pertemuan Desiminasi Hasil Pengukuran dan Publikasi Data Stunting, dihadiri langsung Wakil Bupati Pinrang yang juga selaku Ketua TPPS Pinrang, kegiatan bertempat di MS Hotel,

( 28/10/2022 ).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kesehatan drg Dewi, Kadis P2KBP3A dr.Ramli, Tim Iney Regionl 5 Dirjen Bina Bangda Kemendagri Besse Kuti,serta diikuti beberapa peserta dari OPD, para kepala Puskesmas serta petugas gizi.

Wabup Pinrang, Drs Alimin yang juga Ketua TPPS Pinrang,berkesempatan hadir sekaligus membuka kegiatan ini dan sekaligus memberi arahan kepada semua peserta mengajak agar bekerja bersama dalam rangka menurunkan angka stunting di Pinrang.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk memantau kemajuan dan pertumbuhan anak secara berkala. Selain itu Pelaksanaan pengukuran data Stunting ini untuk mengetahui dan menyediakan data secara akurat.

Wakil Bupati Pinrang mengungkapkan  bahwa hasil pengukuran data Stunting ini sesuai dengan standar nasional. Olehnya itu lanjut Wabup, data Stunting ini dilaksanakan seakurat mungkin. 

Wakil Bupati yang juga selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pinrang merasa optimis angka Stunting di Kabupaten Pinrang bisa ditekan dengan kerjasama dan upaya seluruh pihak yang selama ini  terlibat dalam penanganan Stunting di Kabupaten Pinrang.

Untuk diketahui, prevelensi rate stunting di Kabupaten Pinrang setiap tahunnya mengalami penurunan. Pada tahun 2018 berada di angka 43,6 persen. Di tahun 2019 turun di angka 27, 60 persen. Trend penurunan berlanjut di tahun 2021 di angka 24,5 persen. 

Sementara itu,Kepala Dinas Kesehatan Pinrang drg.Dyah Puspita Dewi menuturkan,kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari,kemarin aksi 6 dan untuk hari ini kita laksanakan aksi 7,husus aksi 7 ini baru Kabupaten Pinrang yang laksanakan,hal tersebut diucapkannya di depan ketua TPPS.

Ditambahkan,pengukuran dan publikasi stunting,adalah upaya pemerintah dalam memperoleh data prepalensi stunting terkini pada skala layanan puskesmas disemua tingkat.

Tujuannya,mengetahui status gizi anak memantau kemajuan,mengembangkan program serta menyediakan upaya tindak lanjut terintegrasi dan konseling,semua dalam kerangka penurunan stunting. (Amr/Raksul)

  • Bagikan